2 Orang Tewas 12 Luka-luka Akibat Ledakan di Afghanistan

Internasional357 views

Inionline.id – Sebanyak dua orang dilaporkan tewas dan 12 lainnya luka-luka dalam insiden ledakan di Kabul, Afghanistan, Kamis (11/1) waktu setempat.

Juru Bicara Kepolisian Kabul Khalid Zadran mengatakan, sebuah bom diledakkan di sekitar pusat komersial Dasht-e-Barchi.

“Informasi awal menunjukkan bahwa sayangnya dua warga sipil tewas dan 12 lainnya terluka,” ujar Zadran dalam sebuah pernyataan, melansir AFP.

Menjelang sore hari, jalan di depan pusat ledakan telah kembali dibuka. Hanya saja, puluhan personel kepolisian masih berada di sana dan memblokir akses ke lokasi ledakan.

Ledakan ini merupakan teror bom mematikan kedua yang terjadi dalam kurun waktu kurang dari seminggu.

Pada Sabtu (6/1) lalu, bom meledakkan sebuah bus di Kabul. Insiden itu menewaskan sedikit 5 orang dan 15 lainnya terluka. ISIS mengklaim bertanggung jawab atas ledakan tersebut.

Tak cuma itu, ISIS juga mengaku bertanggung jawab atas ledakan lain beberapa hari kemudian di wilayah timur Kabul. Sebanyak 3 orang tewas dan 4 lainnya terluka.

ISIS juga mengklaim beberapa serangan lain di kawasan Dasht-e-Barchi dalam beberapa bulan terakhir. Pada November 2023 lalu, setidaknya 7 orang tewas dalam ledakan di sebuah bus.

Jumlah ledakan bom dan serangan bunuh diri di Afghanistan telah menurun sejak Taliban mengakhiri pemberontakan mereka pada Agustus 2021. Taliban berhasil merebut kekuasaan dan menggulingkan pemerintah yang didukung Amerika Serikat.

Namun, sejumlah kelompok bersenjata, termasuk ISIS, masih terus menjadi teror di Afghanistan.