Ini 6 Hal yang Menyebabkan Munculnya Keringat pada Bagian Atas Bibir

Kesehatan40057 views

Inionline.id – Keringat merupakan bentuk respons yang muncul pada saat tubuh mendinginkan diri. Keluarnya keringat ini bisa terjadi atau lebih banyak pada bagian-bagian tubuh tertentu.

Pada beberapa orang, bagian tubuh yang rentan mengalami keringat adalah pada bagian atas bibir. Munculnya keringat di bagian ini bisa rentan terjadi akibat olahraga, kepanasan, atau juga setelah konsumsi makanan pedas dan panas.

Munculnya keringat yang serupa kumis di atas bibir ini bisa sangat mengganggu dan tak nyaman. Sejumlah kondisi tanpa disadari bisa menjadi penyebab munculnya keringat di bagian atas bibir ini.

Mengetahui sejumlah penyebab dari masalah munculnya keringat ini bisa membantu dalam mengatasinya. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah hal yang menjadi penyebab munculnya keringat di bagian atas bibir.

Konsumsi Makanan Pedas dan Menopause

1. Konsumsi Makanan Pedas

Sejumlah orang berkeringat usai menyantap makanan pedas, kondisi ini juga dapat muncul pada bagian atas bibir. Kandungan capsaicin di dalam makanan pedas bisa membuatmu merasa kepanasan dan keringat muncul untuk mendinginkan tubuh.

2. Menopause

Menopause kerap ditandai dengan kondisi hot flashes yaitu rasa panas seketika dan munculnya keringat di dada, leher, dan wajah. Kondisi ini biasanya disertai meningkatnya detak jantung dengan cepat serta munculnya rasa cemas. Kondisi ini bisa menjadi penyebab munculnya keringat pada bagian atas bibir.

Hiperdrosis dan Rosacea

3. Hiperdrosis

Pada sejumlah kasus, munculnya keringat di bagian atas bibir disebabkan oleh hiperdrosis. Kondisi ini merupakan masalah ketika keringat muncul secara berlebih tanpa disertai gejala lain.

4. Rosacea

Rosacea merupakan masalah kulit yang ditandai dengan pecahnya pembuluh darah di wajah. Kondisi ini bisa menyebabkan wajah jadi memerah dan mengalami panas yang memunculkan keringat di wajah termasuk pada bagian atas bibir.

Diabetes dan Masalah Saraf

5. Diabetes

Diabetes yang tidak terkendali bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan termasuk keringat berlebih. Seiring waktu, gula darah yang tinggi bisa berujung kerusakan saraf yang mengendalikan kelenjar keringat pada tubuh.

6. Masalah Saraf

Sejumlah kondisi kesehatan bisa memicu munculnya masalah saraf yang mengendalikan keringat di wajah. Masalah ini bisa disebabkan oleh patang tulang atau cedera di wajah atau juga operasi yang menyebabkan perubahan di saraf ini.

Sejumlah masalah kesehatan tersebut bisa jadi penyebab munculnya keringat berlebih pada bagian atas bibir. Penting untuk mengetahui secara pasti penyebab munculnya keringat berlebih di atas bibir ini agar lebih mudah mengatasinya.