Berikut ini 7 Kebiasaan yang Bikin Umur Lebih Panjang 24 Tahun Menurut Studi

Kesehatan557 views

Inionline.id – Beberapa kebiasaan sehari-hari dipercaya dapat memperpanjang umur. Hal ini ditemukan dalam sebuah studi.

Studi yang diterbitkan pada Juli 2023 lalu ini menyoroti tujuh kebiasaan gaya hidup sehat yang berpotensi bisa menambah angka harapan hidup hingga 24 tahun.

“Ada periode 20 tahun di mana Anda dapat membuat perubahan ini, apakah Anda melakukannya secara bertahap atau sekaligus,” ujar penulis utama studi Xuan Mai Nguyen, ahli kesehatan untuk Program Juta Veteran di VA Boston Healthcare System.

Pada dasarnya, studi ini menunjukkan bahwa menerapkan beberapa kebisaan sehat pada usia 40 tahun bisa memperpanjang usia hingga 24 tahun.

Jika Anda melakukannya pada usia 50 tahun, maka harapan hidup akan bertambah hingga 21 tahun.

Sementara jika dilakukan pada umur 60 tahun, kebiasaan hidup sehat ini akan menambah angka harapan hidup hingga 18 tahun.

Kebiasaan untuk memperpanjang umur

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nutrition ini mengurutkan beberapa kebiasaan yang berdampak besar terhadap angka harapan hidup. Berikut beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa memperpanjang umur hingga 24 tahun.

1. Olahraga teratur

Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan risiko kematian hingga 46 persen. Orang yang berolahraga sekitar 7,5 jam seminggu cenderung hidup lebih lama.

2. Hindari merokok

Tidak pernah merokok dapat menurunkan risiko kematian hingga 29 persen. Berhenti merokok menawarkan manfaat kesehatan yang besar di kemudian hari.

3. Kelola stres

Manajemen stres yang tepat dapat mengurangi risiko kematian dini sebesar 22 persen. Stres kronis yang tidak bisa dikendalikan dapat membahayakan kesehatan.

4. Makan sayur dan buah

Menerapkan pola makan nabati dapat meningkatkan harapan hidup sebesar 21 persen. Dianjurkan untuk menerapkan pola makan Mediterania yang kaya akan biji-bijian dan sayuran.

5. Batasi konsumsi alkohol

Membatasi asupan alkohol setiap hari dapat mengurangi risiko kematian sebesar 19 persen.

6. Tidur nyenyak

Tidur 7-9 jam setiap malam dapat menurunkan risiko kematian dini sebesar 18 persen.

7. Nongkrong sama teman

Mempertahankan hubungan sosial yang positif dapat meningkatkan harapan hidup sebesar 5 persen.

Demikian beberapa kebiasaan yang dapat memperpanjang umur. Semoga membantu.