Lebih dari 150 Demonstran Pro-Palestina di 2 Kampus AS Ditangkap Polisi

Internasional757 views

Inionline.id – Polisi menahan lebih dari 150 orang ketika membubarkan demonstran pro-Palestina yang berkemah di dua universitas di Amerika Serikat pada Sabtu (27/4). Sejumlah kampus elite di AS ini sedang bergolak turun ke jalan membela Palestina dari agresi Israel.

Berdasarkan laporan AFP, polisi menahan sekitar 100 demonstran di Northeastern University yang berada di Pantai Timur. Ada sejumlah petugas keamanan yang memakai perlengkapan antihuru-hara dan polisi lainnya memasukkan tenda kemah ke dalam truk.

Northeastern University mengeluarkan pernyataan terkait penahanan itu. Kampus itu mengatakan tindakan tersebut diambil setelah beberapa demonstran meneriakkan penghinaan yang tidak etis kepada Yahudi.

“Penghinaan anti-Semit yang kejam, termasuk ‘Bunuh orang Yahudi’,” tulis pernyataan Northeastern University lewat akun X (dulu Twitter).

Sedangkan, di wilayah bagian barat daya, polisi Arizona State University menangkap 69 orang. Mereka ditangkap karena melanggar batas wilayah setelah mendirikan tenda yang “tidak sah” di area kampus.

Perwakilan Arizona State University menyatakan bahwa sebagian besar demonstran di wilayah kampus itu bukanlah mahasiswa atau staf kampus. Orang-orang itu disebut mengabaikan peringatan untuk membubarkan diri dan larangan dari kampus untuk membangun tenda.

“Sebagian besar bukan mahasiswa, dosen, atau staf ASU,” ujar pernyataan dari pihak kampus.

Dalam beberapa terakhir, sejumlah kampus elite di Amerika Serikat turun ke jalan untuk melakukan demonstrasi demi membela Palestina dari agresi Israel.

Aksi demo yang berada di sebagian besar kampus negara bagian AS melibatkan pihak kepolisian hingga diwarnai penahanan ratusan demonstran.

Para pejabat kampus mengakui bahwa mereka sengaja memanggil aparat kepolisian untuk menindak lanjuti aksi yang dianggap mengganggu ketertiban di lingkungan kampus.

Kampus-kampus di AS yang terlibat aksi demonstrasi pro-Palestina, termasuk Brown University, Emory University, Indiana University, University of Southern California, Columbia University, dan Yale University.