Sebelum Bayi Lahir ini 8 Hal yang Perlu Dilakukan Orangtua

Kesehatan157 views

Inionline.id – Orangtua perlu melakukan persiapan sebelum bayi yang dikandungnya lahir. Hal ini untuk membantu anak memperoleh perlakuan terbaik setelah mereka dilahirkan.

Melahirkan juga merupakan sebuah proses yang panjang bagi sang ibu. Bagi kedua orangtua, perlakuan yang diberikan pada bayi perlu dipersiapkan untuk mencegah munculnya masalah di kemudian hari.

Kurangnya persiapan dari orangtua ini bisa berujung pada masalah di kemudian hari. Oleh karena itu, belajar mempersiapkan diri sebaiknya tidak dilakukan setelah kelahiran namun mulai sebelumnya.

Persiapan sebelum kelahiran yang tepat bisa sangat membantu bayi dalam menjalani kehidupan yang baik. Dilansir dari The Bump, berikut sejumlah hal yang perlu dilakukan dan dipersiapkan oleh orangtua sebelum kelahiran bayi.

Mengikuti Kelas Persiapan Melahirkan

Melahirkan secara normal bisa dipersiapkan dengan mempelajari teknik bernapas dan relaksasi yang bisa diajarkan. Cara ini juga bisa membantumu untuk mencari jawaban mengenai berbagai hal yang ingin kamu ketahui. Melahirkan dengan tepat bisa membantu trauma yang dialami oleh ibu untuk tidak muncul.

Pelajari Dasar Menyusui

Menyusui merupakan sebuah proses yang bisa dipelajari sebelum melahirkan. Menyusui ini kerap menjadi masalah yang dialami seorang ibu baru dan bayi mereka. Cara menyusui yag tepat bisa mencegah seorang ibu mengalami masalah.

Persiapkan Buaian dan Tempat Tidur Bayi

Setiap bayi membutuhkan tempat yang nyaman untuk tidur dan biasanya berupa buaian. Sebelum melahirkan tempat tidur bayi serta berbagai hal penunjang lainnya ini bisa dipersiapkan dulu sebelumnya.

Konsultasi Cara Melahirkan dengan Dokter

Konsultasi dengan dokter merupakan hal yang penting dilakukan sebelum seorang ibu melahirkan. Salah satu hal yang cukup untuk dikonsultasikan adalah berupa cara melahirkan yang dikehendaki oleh ibu dan disarankan oleh dokter.

Persiapkan Tas untuk Keadaan Darurat

Mempersiapkan tas yang berisi bawaan untuk dibawa ke rumah sakit merupakan hal penting yang harus dipersiapkan sebelum melahirkan. Pastikan memasukkan barang yang paling dibutuhkan oleh ibu dan anak untuk dibawa pada saat keadaan darurat.

Persiapkan Makanan

Sebelum tanggal kelahiran, sangat penting untuk mempersiapkan makanan di rumah. Kamu bisa memasak lebih dulu lalu kemudian menyimpannya di freezer atau menyiapkan makanan instan untuk dimakan di rumah. Usai pulang dari rumah sakit, biasanya orangtua masih bakal sibuk dan kesulitan meluangkan waktu untuk memasak.

Cuci Seprai dan Pakaian Bayi

Mencuci pakaian dan seprai yang akan digunakan bayi bisa sangat membantu untuk dipersiapkan sebelum kelahiran. Kamu tidak perlu mencuci semua paaian bayi melainkan cukup pakaian yang akan digunakan selama seminggu. Pastikan untuk mencucinya secara terpisah dari pakaian lain dan menggunakan deterjen khusus bayi yang tidak menggunakan pewangi.

Pilih Dokter Anak

Memilih dokter anak sebaiknya dilakukan sebelum melahirkan. Kamu bisa mencari info pada teman, kerabat, atau juga bertanya di media sosial mengenai siapa dokter anak yang direkomendasikan di daerahmu.

Sejumlah hal tersebut merupakan hal yang bisa dipersiapkan oleh orangtua sebelum kelahiran sang buah hati. Pastikan untuk mempersiapkan sejumlah hal tersebut agar kamu bisa melahirkan dengan tenang dengan semua hal sudah terencana.