Memangnya Bisa Turun Berat Badan 5 Kg dalam Seminggu?

Kesehatan757 views

Inionline.id – Banyak orang menginginkan penurunan berat badan dalam waktu kilat. Misalnya, berat badan turun 5 kilogram (kg) dalam seminggu.

Pertanyaannya, apakah bisa turun berat badan 5 kg dalam 1 minggu?

Pada dasarnya, tak ada batasan untuk menurunkan berat badan. Artinya, menurunkan berat badan sebanyak 5 kg dalam sepekan bisa saja dilakukan meski dengan cara yang cukup sulit.

Beberapa jenis diet diketahui menjanjikan penurunan berat badan dalam waktu cepat. Salah satunya adalah diet GM atau General Motors diet. Tak tanggung-tanggung, diet ini bahkan menjanjikan penurunan hingga 6,8 kg dalam sepekan.

Mengutip Healthline, tak ada yang tahu asal muasal diet GM. Beberapa orang percaya bahwa diet ini telah melalui pengujian ekstensif di sejumlah pusat penelitian.

Untuk menjawab apakah bisa turun berat badan 5 kg dalam 1 minggu, mari simak ulasan soal diet GM berikut ini.

Apa itu diet GM?

Dengan jumlah penurunan berat badan yang tinggi, diet GM jelas dilakukan secara ekstrem. Diperlukan kehati-hatian dalam mengikuti diet jenis ini.

Ada beberapa manfaat diet GM yang dipercaya kebanyakan orang, namun belum terbukti secara ilmiah. Berikut di antaranya:

– menurunkan berat badan hingga 6,8 kg dalam seminggu,
– membuang racun dari dalam tubuh,
– memperbaiki pencernaan,
– meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar lemak.

Para pendukung mengklaim keberhasilan diet GM didapat dari asupan-asupannya yang rendah kalori seperti buah dan sayur. Hal ini dapat membantu mendorong penurunan berat badan dengan menciptakan defisit kalori.

Selain itu, banyak makanan yang direkomendasikan dalam diet ini juga mengandung air. Karena alasan ini pula, para pendukungnya percaya bahwa diet GM dapat meningkatkan kehilangan lemak dan membantu detoksifikasi tubuh.

Cara melakukan diet GM

Diet GM dibagi menjadi tujuh hari dengan aturan yang masing-masing berbeda. Namun yang pasti, Anda disarankan minum 8-12 gelas air setiap hari agar tetap terhidrasi sepanjang diet.

Yang perlu dicatat adalah, diet GM tak menganjurkan olahraga selama tiga hari pertama.

Hari pertama
Makan buah apa pun jenisnya, kecuali pisang. Tak ada jumlah maksimum buah yang ditentukan.

Secara khusus, diet ini menyarankan pendukungnya untuk mengonsumsi melon.

Hari kedua
Makan sayuran dalam bentuk mentah atau dimasak. Namun, batasi asupan kentang hanya untuk sarapan.

Hari ketiga
Makan buah dan sayur apa pun jenisnya, kecuali pisang dan kentang.

Hari keempat
Anda akan disarankan hanya mengonsumsi pisang dan susu. Coba 6-8 buah pisang dan 3 gelas susu. Disarankan menggunakan susu skim.

Hari kelima
Makan sekitar 250 gram daging sapi, ayam, atau ikan. Selain daging, Anda juga bisa mengonsumsi 6 buah tomat utuh.

Pada hari ini, tingkatkan asupan cairan sebanyak dua gelas untuk membuang kelebihan asam urat akibat konsumsi daging.

Hari keenam
Makan sekitar 250 gram daging sapi, ayam, atau ikan. Masukkan juga sayuran dalam jumlah tak terbatas, tapi tanpa kentang.

Tingkatkan juga asupan cairan sebanyak dua gelas untuk membuang kelebihan asam urat.

Hari ketujuh
Makan nasi merah, buah, jus buah, dan sayur. Tak ada jumlah maksimum yang ditentukan untuk hari ini.

Yang perlu diperhatikan dari diet ekstrem

Meski diklaim ampuh dalam menurunkan berat badan dalam waktu kilat, namun belum ada studi ilmiah yang membuktikan efektivitas diet GM.

Selain itu, diet ini juga dinilai kurang memasukkan nutrisi seimbang. Anda bisa saja merasa sangat kelaparan pada hari-hari tertentu.

Sebagian besar hari juga menyediakan jumlah protein yang rendah. Padahal, protein punya peran penting dalam proses penurunan berat badan yang sehat.

Tak cuma itu, penurunan berat badan dengan diet GM juga mungkin bersifat sementara. Sebagian besar berat badan yang hilang pada diet ini kemungkinan besar merupakan berat air, bukan lemak.

Lagi pula, penurunan berat badan yang drastis bisa menandakan proses diet yang tidak sehat.

Ahli nutrisi Sarah Gold Anzlovar mengatakan, dalam diet normal, seseorang setidaknya bisa menurunkan berat badan sebanyak 0,5 – 1 kg per minggu.

“Beberapa orang mungkin kehilangan [berat badan] lebih dari itu. Tapi, sering kali yang terjadi hanya-lah banyak air [yang terbuang], bukan kehilangan lemak yang sebenarnya, ujar Anzlovar, mengutip Times of India.

Ia juga mengingatkan bahwa diet ketat memang bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, cara ini tidak ideal dan dapat merusak metabolisme tubuh.

Demikian penjelasan mengenai apakah bisa turun berat badan 5 kg dalam 1 minggu.

Yang perlu diingat adalah setiap individu memiliki kebutuhan diet yang berbeda untuk proses penurunan berat badan. Konsultasikan dengan ahli terlebih dahulu sebelum memulai proses diet.