Berikut ini 7 Cara Sederhana Bikin Badan Lebih Kurus

Kesehatan657 views

Inionline.id – Ingin miliki tubuh kurus? Anda tidak harus diet. Cukup lakukan perubahan-perubahan kecil berikut, niscaya tubuh kurus bukan lagi cuma impian.

Saat menetapkan target menurunkan berat badan sekian kilogram, bayang-bayang akan diet ketat dan olahraga keras kian besar. Padahal, itu bukan satu-satunya cara terbaik untuk menurunkan berat badan.

Anda bisa punya tubuh kurus hanya dengan melakukan perubahan kecil dan konsisten setiap hari.

“Ketika Anda fokus hanya pada beberapa perubahan kecil pada satu waktu, Anda mulai menanamkan beberapa kebiasaan sehat yang bertahan seumur hidup, daripada mencoba semua pendekatan atau tidak sama sekali yang sering kali gagal karena terlalu sulit untuk diikuti,” kata psikolog Lesley Lutes, mengutip dari Prevention.

Cara bikin badan kurus, cukup lakukan ini

Kabar baiknya, Anda bisa mendapatkan badan kurus hanya dengan melakukan beberapa perubahan kecil dalam keseharian. Berikut beberapa cara bikin badan kurus yang mudah dilakukan.

1. Catat apa yang Anda makan

Mulai dengan menulis apa pun yang Anda makan atau food journaling. Food journal bermanfaat untuk mengecek realitas kebiasaan makan.

Lewat food journal, Anda akan tahu kapan melewatkan waktu makan, makan dessert berlebihan karena stres, dan kebiasaan-kebiasaan lain.

“Mengetahui rutinitas Anda membantu Anda mengetahui perubahan apa yang tepat,” kata Lutes.

2. Bergerak selagi ada kesempatan

Aktivitas fisik tak melulu berolahraga. Anda bisa kapan pun melakukan aktivitas fisik.

Anda bisa lari di tempat sambil nonton TV, naik turun tangga, menari, atau gerakan apa pun yang meningkatkan detak jantung.

3. Jalan kaki lebih lama

Jalan kaki sudah masuk dalam kegiatan harian. Dengan begitu, Anda tak perlu mengagendakan sesi jalan kaki khusus.

Yang perlu Anda lakukan hanya-lah mencoba menambah porsi jalan kaki dengan beberapa trik sederhana.

Anda bisa menggunakan botol kecil ketimbang botol besar sehingga mendorong Anda untuk bolak-balik mengisi ulang botol selama bekerja. Kemudian, pilih lokasi parkir yang cukup berjarak dengan gedung kantor.

4. Gunakan tangga

Ada pilihan antara naik lift atau tangga? Pilih saja tangga, apalagi jika Anda ingin berpindah ke satu atau dua lantai di atas.

Menaiki tangga tak hanya bikin badan lebih kurus, tapi juga memperkuat otot bokong dan paha depan.

5. Makan dengan mindful

Praktik makan dengan fokus atau mindful berarti pikiran fokus pada bagaimana dan apa yang dimakan.

Makan dengan mindful caranya antara lain makan di meja makan, menghindari distraksi seperti televisi atau ponsel, lalu pilih makanan secara sadar dan penuh nutrisi.

Selain itu, yang tak kalah penting, makan dengan perlahan. Ambil makanan, gigit lalu kunyah dan rasakan tekstur serta rasa dari makanan. Makan dengan mindful membantu Anda mengenali rasa kenyang dan tidak makan berlebihan.

6. Sarapan dengan protein

Protein berfungsi mengatur hormon nafsu makan dan membantu tubuh merasa kenyang. Sebaiknya, sisipkan menu dengan kandungan protein tinggi sebagai menu sarapan.

Mengutip Medical News Today, penelitian menunjukkan efek hormonal dari sarapan berprotein tinggi dapat bertahan selama beberapa jam.

Sarapan berprotein antara lain telur, oatmeal, selai kacang, biji-bijian, sarden, atau bubur quinoa.

7. Tidur lebih awal

Tubuh kurus bisa didapat dari tidur yang cukup. Sejumlah penelitian membuktikan tidur kurang dari 5-6 jam per malam dikaitkan dengan peningkatan prevalensi obesitas.

Kurang tidur atau kualitas tidur rendah memperlambat proses tubuh mengubah kalori menjadi energi atau disebut metabolisme. Saat metabolisme kurang optimal, energi banyak tidak terpakai dan disimpan sebagai lemak.

Selain itu, kurang tidur mampu meningkatkan resistensi insulin dan meningkatkan kadar kortisol yang juga menambah cadangan lemak.