Berikut ini 7 Cara Mencegah Ambeien agar Tak Mudah Kambuh

Kesehatan1357 views

Inionline.id – Saat ambeien atau wasir kambuh tentu bisa mengganggu aktivitas. Simak cara mencegah ambeien agar tak sering kambuh berikut ini.

Ambeien atau wasir adalah kondisi pembuluh darah yang meradang di daerah sekitar anus. Biasanya, ambeien menimbulkan rasa nyeri saat buang air besar, perih, bengkak, gatal, sampai pendarahan di sekitar anus.

Ambeien sebenarnya penyakit umum, bahkan 50 persen dari orang dewasa di atas 50 tahun bisa mengalaminya.

Bahkan, seseorang yang pernah ambeien akan lebih rentan mengalaminya kembali alias kambuh. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mencegah ambeien agar tidak gampang kambuh.

Penyakit ambeien bisa dapat menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman akibat benjolan pada anus. Meski demikian, ambeien tidak menyebabkan kematian.

Mengutip Mayo Clinic, gejala yang dirasakan penderita ambeien bisa berbeda-beda, tergantung kondisinya.

Internal hemorrhoid

Feses berdarah
Iritasi saat buang air besar
Nyeri dan rasa tidak nyaman pada anus

External hemorrhoid

Gatal pada area anus
Nyeri disertai bengkak
Berdarah dan bisa robek di bagian anus
Penyakit ambeien ini bisa berkembang menjadi ambeien trombosis sehingga benjolannya mengandung bekuan darah (trombosis).

Ambeien trombosis dapat dikatakan sebagai komplikasi ambeien dan tekstur benjolan lebih keras, bahka bengkak.

Cara mencegah ambeien

Gejala ambeien yang masih ringan bisa diredakan dengan sejumlah cara. Melansir berbagai sumber, berikut ini cara mencegah ambeien agar tidak mudah kambuh.

1. Jangan tunda buang air besar

Kebiasaan menunda buang air besar dapat membuat tinja jadi mengeras dan sulit dikeluarkan sehingga memicu sembelit.

Saat sembelit, proses mengejan akan jadi lebih kuat. Ketika terlalu kuat saat mengejan, area sekitar lubang dubur akan iritasi dan dalam kasus yang serius bisa memicu perdarahan.

Selain iritasi, tekanan kuat yang terjadi saat mengejan dapat menimbulkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah di anus dan kemudian menimbulkan wasir atau ambeien.

2. Makan makanan berserat

Buah, sayur, dan biji-bijian perlu Anda konsumsi agar tubuh mendapat banyak serat. Makanan berserat membantu melunakkan tinja sehingga bisa melancarkan buang air besar. Dengan begitu, ambeien bisa dihindari.

Selain memperbaiki pola makan dengan memperbanyak konsumsi serat, Anda juga bisa minum suplemen penambah serat apabila diperlukan.

3. Banyak minum air putih

Selain buah dan sayur, air putih juga bisa membuat tinja jadi tidak terlalu keras, sehingga tidak sulit saat ingin dikeluarkan. Normalnya, orang dewasa butuh minum 8-10 gelas air putih per hari.

Minum air putih tak cuma membantu melunakkan tinja, tapi dengan tubuh yang terhidrasi dengan baik akan secara alami mendorong gerakan di usus jadi lebih baik.

4. Hindari menggunakan tisu berpewangi

Tisu yang kering dan mengandung pewangi atau alkohol rentan mengiritasi daerah sekitar anus yang berpotensi menimbulkan ambeien.

5. Perhatikan posisi saat BAB

Usahakan tubuh agak miring saat buang air besar (BAB) atau bisa juga menggunakan bangku kecil untuk menopang kaki. Hal ini bisa mempermudah buang air besar, sehingga tidak perlu mengejan dengan keras.

6. Rutin olahraga

Olahraga tidak sekadar membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, tapi juga membantu mencegah wasir atau ambeien kambuh. Harvard Health menyarankan Anda melakukan olahraga intensitas sedang sekitar 20-30 menit sehari.

Olahraga aerobik intensitas sedang yang bisa dilakukan antara lain jalan cepat, joging, bersepeda, atau olahraga kardio. Olahraga ini bermanfaat untuk merangsang fungsi usus sehingga BAB jadi lebih teratur.

7. Kenakan pakaian dalam yang nyaman

Gesekan juga bisa muncul dari pakaian dalam yang tidak nyaman. Untuk itu, jangan pakai pakaian dalam yang ketat dan berbahan kasar karena bisa membuat area sekitar anus lecet.

Itulah 7 cara mencegah ambeien agar tak mudah kambuh. Semoga bermanfaat.