Uni Eropa Kucurkan Bantuan Untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Internasional057 views

Inionline.Id – Uni Eropa memberikan bantuan dana kemanusiaan untuk korban dan masyarakat yang terdampak bencana tsunami sekat sunda sebesar 80.000 Euro atau sekitar Rp. 1,3 Miliar.

Dana kemanusiaan yang disalurkan pada bulan Desember ini merupakan tambahan dari bantuan Uni Eropa untuk mengatasi bencana alam yang melanda Indonesia dalam kurun waktu enam bulan terakhir, yakni 650.000 euro untuk bantuan kemanusiaan pascagempa Lombok dan 1,5 juta euro bantuan darurat untuk korban gempa Sulawesi Tengah.

Seperti diketahui sebelumnya, pada Juli 2018, gempa bumi besar menghantam Lombok mengakibatkan 500 orang meninggal dunia dan menyebabkan kerusakan besar. Pada September 2018, gempa bumi besar lainnya mmenghantam Sulawesi Tengah yang menewaskan lebih dari 2.100 orang dan kerusakan infrastruktur yang berat.

Dana tambahan Uni Eropa ini akan digunakan untuk mendukung upaya tanggap darurat Palang Merah Indonesia (PMI). Mulai dari pengadaan air bersih, selimut, tenda, pelayanan medis dan kesehatan, serta untuk membantu menciptakan kembali mata pencaharian yang hilang.

Uni Eropa melalui Departemen Operasi Perlindungan Sipil dan Bantuan Kemanusiaan (ECHO) juga telah mengirim ahli bantuan kemanusiaan ke wilayah yang terdampak tsunami Selat Sunda untuk mengkaji berbagai kebutuhan darurat yang diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *