Lari Maraton Dari Bali ke Jakarta Untuk Kampanye Anti Narkoba

Inionline.Id – Empat orang pelari gaek yang mengkampanyekan antinarkoba untuk generasi muda Indonesia tiba di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (30/12). Mereka berlari dari Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali sejak tanggal 1 Desember 2018 lalu.

Keempat pelari tersebut ialah Gatot Sudariyono (57 tahun), Adel Johan (57), Suparmin (37), dan Cokro Sumarno (47) yang berlari sejauh lebih dari 1.500 kilometer tiba di GBK disambut oleh Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Heru Winarko.

“Jadi tujuan kita adalah kami memberdayakan komunitas-komunitas di sini, ada komunitas runner oleh Pak Nanan menemui kami, ada rekan-rekan beliau untuk melakukan lari dari Bali ke Jakarta itu untuk bagaimana bisa menyampaikan (antinarkoba),” kata Heru di GBK Senayan, Jakarta.

“Itu misi yang kita harapkan dan Alhamdulillah misi akan tercapai dan ditandai dengan mereka ada di sini dengan kondisi yang tetap prima. Mereka sudah di atas 50 tapi masih punya semangat. Ini menunjukkan bahwa generasi muda tetap bangkit” tambahnya.

Menurut Gatot, kondisi medan menjadi kendala utama selama berlari 30 hari tersebut. Beberapa medan yang dinilai cukup berat adalah Baluran di Jawa Timur, tanjakan yang tinggi dan dingin di Sarangan, Alas Roban, dan tanjakan Puncak Pas.

“Jauhi narkoba, hidup sehat berprestasi, jaga temen-temennya dari narkoba, jaga saudara-saudaranya dari narkoba, jaga temen sekolahnya dari narkoba, maka kita bersama-sama bisa selamat menatap mata depan” pesan Gatot.

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan narkoba merupakan masalah bangsa, karena itu semua harus bersatu untuk memberantas narkoba.

“Narkoba ini menjadi salah satu pemicu masalah kesejahteraan sosial. Kami percaya apabila bangsa ini bisa memerangi narkoba, permasalahan sosial juga bisa ditangani,” kata Agus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *