PKS Kota Bogor Adakan Webinar Dalam Rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional

Politik357 views

Inionline.id – Bidang Pendidikan Kesejahteraan Sosial DPD PKS Kota Bogor memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan Bincang Santai dengan tema “Adiksi Gadget, Dampak nyata Pembelajaran Jarak Jauh”. Acara dilaksanakan secara daring dengan pemateri Aris Ahmad Jaya, DVM,MM pada hari Rabu 5 Mei 2021 pk. 10-11.30 WIB.

Acara yang dapat diikuti melalui Facebook dan Youtube ini menarik banyak perhatian peserta karena setelah lebih dari setahun belajar secara daring ada banyak perubahan pola hidup pada anak. Yang paling terlihat adalah anak semakin suka rebahan, malas bergerak, lebih suka tidur di siang hari dan terbangun saat malam. Orang tua juga merasakan semakin berkurangnya etika/adab anak karena kurangnya interaksi sosial. Anak pun jenuh dan frustasi dengan kondisi ini hingga mereka bersikap tak peduli dan cenderung tidak bahagia. Pembelajaran jarak jauh yang tidak kondusif dimana target pembelajaran kepada anak ridak berkurang sementara peran guru tidak sebesar sebelumnya, membuat anak juga mengalami tekanan berat dan akhirnya menjadikan gadget dengan segala pesonanya sebagai pelampiasan.

Bincang santai ini diharapkan memberi pencerahan kepada orang tua dalam memandang dan memecahkan persoalan ini. Kita semestinya senantiasa menemani anak melewati proses ini. Memberi pemahaman dan mau sama sama belajar karena buat orang tua pun kondisi ini tak mudah. Banyak orang tua bekerja dan tak punya partner mendidik anak hingga akhirnya membiarkan gadget menjadi “guru” mereka.

Mari buat kesepakatan bersama pemakaian gadget. Bila membeli gadget baru untuk membantu pembelajaran anak, tegaskan bahwa itu pinjaman dan bisa diambil oleh pemiliknya bila diminta. Ingat Ayah, Bunda bila meminta anak pada jam tertentu tidak lagi memakai gadget maka orang tua pun harus melakukan hal yang sama.

Jangan lupa anak tetap butuh sentuhan kita sebagai orang tua. Bisa jadi karena PJJ semua ayah/bunda jadi guru dadakan yang galak bak monster terus terusan menuntut anak belajar. Cobalah alihkan kejenuhan anak-anak dengan olahraga bersama, berkebun, membaca buku, dan libatkan mereka dalam kegiatan sehari hari di rumah. Biarkan anak yang suka bersih-bersih untuk menyapu dan mengepel lantai. Fasilitasi anak yang suka di dapur dengan bahan2 makanan yang bisa disajikan untuk keluarga. Kalau anak memang sabgat suka main game online, tak ada salahnya main bareng atau tanding bareng permainan positif seperti tebak gambar, puzzle, dll.

Terakhir yang juga penting, bekerja samalah dengan pihak sekolah. Cari tahu program sekolah dan aktif memberi masukan agar bisa berkolaborasi mensukseskan PJJ.