Ditemukan Nyaris 200 Mayat di Kuburan Massal Khan Younis Jalur Gaza

Internasional1157 views

Inionline.id – Nyaris 200 mayat di kuburan massal di Pusat Medis, Khan Younis ditemukan pihak berwenang Palestina, Sabtu (20/4).

Al Jazeera melaporkan anggota layanan sipil dan paramedis mengevakuasi 180 jenazah yang dikubur pasukan Israel di kuburan massal.

“Mayat-mayat tersebut termasuk perempuan lanjut usia, anak-anak, dan laki-laki muda,” kata reporter Al Jazeera di Khan Younis, Hani Mahmoud.

Dalam pernyataan resmi, layanan darurat Palestina mengatakan tim melanjutkan operasi pencarian dan pengambilan jenazah dalam beberapa hari ke depan.

Mereka juga menyebut masih banyak jenazah di kuburan massal itu.

Kuburan massal juga ditemukan di Rumah Sakit Al Shifa pada awal pekan ini. Pasukan Israel sempat mengepung fasilitas tersebut selama berhari-hari.

Selama pengepungan, militer Israel meluncurkan tembakan di dalam dan tak mengizinkan orang bergerak atau ke luar gedung.

Penemuan kuburan massal itu terjadi saat pasukan Israel melancarkan agresi ke Gaza sejak Oktober 2023.

Selama agresi, mereka menggempur habis-habisan warga dan objek sipil seperti fasilitas medis, kamp pengungsian, sekolah, hingga tempat ibadah.

Imbas serangan Israel, lebih dari 34.000 orang juga meninggal. Mayoritas korban merupakan anak-anak dan perempuan.

Pihak berwenang Palestina menyatakan korban tewas kemungkinan lebih tinggi dari angka itu lantaran banyak yang tertimbun puing-puing.