Robot Bertenaga OpenAI Unjuk Gigi

Iptek1357 views

Inionline.id – Robot berteknologi kecerdasan buatan (AI) semakin canggih dan terbaru sudah bisa menyajikan makanan dan berkomunikasi layaknya manusia.

Robot bernama Figure 01 ini dilengkapi dengan teknologi OpenAI, yang memungkinkannya melakukan percakapan penuh dengan manusia danmembuat secangkir kopi.

Figure, perusahaan di balik robot pintar itu, sempat mengunggah potongan video soal kecanggihan Figure 01 di akun resmi mereka di X (sebelumnya Twitter).

Dalam video tersebut, terlihat rangkaian uji coba sederhana. Awalnya, Figure 01 diminta untuk memberikan sebuah apel, dan kemudian uji coba percakapan antara manusia dan robot.

Peneliti meminta robot menjelaskan mengapa ia menyerahkan sebuah apel kepadanya saat dirinya sedang memungut sampah. Hasilnya, robot dapat menjawab semua pertanyaan tersebut dengan suara yang ramah.

Dalam pernyataannya, perusahaan Figure menjelaskan percakapan yang dapat dilakukan oleh robot tersebut didukung oleh integrasi dengan teknologi yang dibuat oleh OpenAI, pengembang ChatGPT.

“Dengan OpenAI, Figure 01 sekarang dapat melakukan percakapan penuh dengan manusia. Model OpenAI memberikan kecerdasan visual dan bahasa tingkat tinggi. Jaringan saraf tiruan memberikan tindakan robot yang cepat, tingkat rendah, dan cekatan,” demikian pernyataan resmi Figure di Twitter.

Mengutip LiveScience, para ahli mengartikan teknologi ini sebagai bentuk kemajuan dalam dua bidang utama robotika.

Kemajuan pertama merupakan teknik mesin di balik gerakan robot yang tangkas dan dapat mengoreksi diri seperti yang dapat dilakukan manusia.

Artinya, ada teknologi motor, aktuator, dan penggenggam yang sangat presisi yang terinspirasi oleh sendi atau otot, serta kontrol motorik untuk memanipulasinya guna menjalankan tugas dan memegang benda dengan hati-hati, pada robot tersebut.

Mengambil cangkir, contohnya, sesuatu yang hampir dilakukan secara tak sadar oleh manusia, menggunakan proses intensif untuk mengarahkan otot dalam urutan yang tepat.

Kemajuan kedua adalah pemrosesan bahasa alami (NLP) real-time berkat penambahan mesin OpenAI – yang harus secepat dan responsif seperti ChatGPT saat Anda mengetikkan kueri atau perintah ke dalamnya.

Ia juga memerlukan perangkat lunak untuk menerjemahkan data ini menjadi audio, atau ucapan. NLP adalah bidang ilmu komputer yang bertujuan untuk memberikan mesin kemampuan untuk memahami dan menyampaikan ucapan.

Secara keseluruhan, robot uji coba tersebut sudah dapat menyerupai manusia, jika rekaman dan adegannya memang riil.

Mulai dari menyertakan diksi acak saat berbicara kemudian pengawalan kalimat ’emm’ yang tanpa sadar mirip seperti manusia ketika meluangkan waktu sepersekian detik untuk memikirkan apa yang akan dibicarakan.