Catat Suhu Terpanas Sejak 125 Tahun, Jepang Hadapi ‘Cuaca Neraka’

Internasional457 views

Inionline.id – Jepang mencatat rekor suhu terpanas selama September dengan rata-rata suhu mencapai 27-27,9 derajat Celsius di beberapa daerah, naik lebih tinggi 2,66 derajat Celsius dari biasanya di bulan yang sama.

Badan Meteorologi Jepang menyebut suhu tersebut menjadi yang terpanas selama September sejak 125 tahun terakhir.

“[Ini] gambaran tertinggi sejak pencatatan dimulai pada 1898,” demikian menurut badan itu pada Senin (2/1), dikutip AFP.

Anggota Badan Meteorologi Jepang, Masayuki Hirai, mengatakan lonjakan rata-rata suhu hingga 2,66 derajat Celsius merupakan hal yang luar biasa.

“Kalau ini bukan suhu tinggi yang tidak normal, saya tidak tahu apa itu,” ujar Hirai.

Pada bulan lalu, Jepang memecahkan rekor rata-rata suhu tertinggi berdasarkan pengamatan 101 dari 153 lokasi.

Beberapa lokasi itu mencakup Tokyo, dengan suhu tertinggi sepanjang masa yakni 26,7 derajat Celsius, di Osaka dengan 27,9 Celsius, dan di Nagoya dengan 27,3 Celsius.

Tak hanya Jepang, negara seperti Austria, Perancis, Jerman, Polandia dan Swiss juga mencatatkan rekor suhu terpanas pada September.

Inggris juga telah menyamai rekor suhu terpanas pada September sejak pencatatan dimulai pada tahun 1884.

Tahun ini diperkirakan akan menjadi tahun terpanas dalam sejarah umat manusia seiring dengan perubahan iklim yang kian cepat.

Dalam laporan Copernicus Climate Change Service (C3S) Uni Eropa, suhu rata-rata global pada Juni, Juli dan Agustus adalah 16,77 derajat Celsius.