Anies Bidik Susi Pudjiastuti, Ganjar dan Prabowo Incar Khofifah

Politik657 views

Inionline.id – Dua tokoh perempuan sedang diincar oleh para calon peserta Pilpres 2024 untuk dijadikan bagian dari tim sukses mereka.

Mereka adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta mantan menteri kelautan dan perikanan Susi Pudjiastuti.

Dua kubu pengusung Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto mengakui ingin merekrut Khofifah, sementara kubu Anies Baswedan ingin menarik Susi Pudjiastuti.

Ganjar mengaku terus menjalin komunikasi dengan Khofifah setiap kali ke Jawa Timur. Ia mengklaim baik Khofifah atau Ridwan Kamil paling cocok berada di tim Ganjar-Mahfud.

“Iya sih [Ingin menarik Khofifah]. Kang Emil juga kepingin mau kita tarik semuanya. Tapi kan ngajak-ngajak kawan-kawan ini juga harus butuh kelegaan hati, kesamaan batin gitu ya, agar kita bisa kompak. Saya haqqul yakin, paling cocok ya dengan Ganjar Mahfud kawan-kawan ini,” kata Ganjar di Sekolah PDIP, Jakarta Selatan, Sabtu (28/10).

Nama Khofifah juga tengah diusulkan untuk menjadi Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Hal itu diungkapkan Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad. Ia berharap Khofifah mau memimpin pemenangan Prabowo-Gibran di Jatim.

“Itu usulan kami. Kami berharap Bu Khofifah mau menjadi ketua tim pemenangan Prabowo-Gibran di Jatim,” kata Gus Sadad, Jumat (27/10).

Gus Sadad mengatakan, nama Khofifah merupakan usulan kader-kader dan loyalis di bawah. Dia dianggap sebagai tokoh yang bisa membawa kemenangan bagi Prabowo-Gibran di Jatim.

“Banyak usulan dari bawah, terutama dari kader dan loyalis partai yang menginginkan,” kata dia.

Sementara itu, bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sangat berharap mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti bergabung dengan Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin (AMIN) .

Cak Imin, yang merupakan cawapres pendamping Anies Baswedan, mengaku timnya sudah lama mengajak Susi bergabung.

“Saya sangat berharap. Sudah lama itu ajak Bu Susi. Enggak tahu [responsnya], nanti kita tunggu jawabannya,” kata Cak Imin di Tugu Kunstkring, Menteng, Jakarta, Kamis (26/10).

Cak Imin mengaku belum bertemu lagi dengan Susi belakangan ini. Namun, ia berharap Susi dapat bergabung bersama mengusung cita-cita yang diusung pasangan AMIN di Pilpres 2024.

“Kita harap bisa ikut bareng-bareng mengusung cita-cita AMIN,” kata dia.

Saat ditanya terkait ajakan AMIN itu, Susi hanya menganggap ajakan itu sekadar bercanda semata.

“Bercanda saja,” kata Susi, Sabtu (28/10).