Alasan Pilih Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar Diungkapkan Megawati

Politik157 views

Inionline.id – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengungkap sejumlah alasan dirinya memilih Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Mega mengaku tak asing dengan Mahfud karena pernah menjadi anggota Dewan Pembina di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang ia pimpin. Ia mengatakan dapat memahami cara berpikir Mahfud.

“Jadi saya sangat bisa mengerti dari cara berpikir jalan pikirannya,” kata Mega di kantor DPP PDIP, Rabu (18/10).

Selain itu, dia menyebut Mahfud merupakan sosok intelektual yang mumpuni. Mega mengaku cocok dengan Mahfud karena memiliki pengetahuan dan pengalaman yang panjang baik di eksekutif, legislatif, maupun yudikatif. Mega pun menyebut Mahfud sebagai pendekar hukum dan pembela wong cilik.

“Saya bilang sama beliau, ya hukum ini jangan terus semuanya pada bungkam, saya bilang pada beliau. Ya untuk apa ada aturan hukum, kalau semuanya pada diam. Ayo Pak kita ngomomg Pak,” ucap dia.

Lebih lanjut, Mega merasa saat ini memiliki ‘pelindung’. Dengan nada berkelakar, dia berharap Mahfud bisa membelanya ketika ia di-bully pemberitaan media.

“Saya dulu merasanya sepi sendiri, karena kalau saya ngomong dan wartawan langsung bully, nah sekarang ada Pak Mahfud nih, belain saya,” katanya.

Mega menambahkan bahwa Mahfud juga merupakan sosok yang apa adanya. Ia menilai mantan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) orang yang jujur, bernyali, dan memiliki komitmen ideologi. Dia meyakini Mahfud akan menjadi wasit dari persaingan politik dan bisnis yang kerap dirasa tidak adil.

“Mudah-mudahan seperti tadi yang saya katakan bahwa rakyat dapat ikut menjadikan kedua beliau ini untuk menjadi pemimpin negara dan bangsa di waktu yang akan datang,” katanya.

Hari ini, Mahfud resmi diumumkan sebagai cawapres Ganjar. Partai koalisi pengusung akan mendaftarkan Ganjar dan Mahfud ke KPU pada Kamis (19/10).