Di Pilpres 2024 PKB Masih Tunggu Dukungan Resmi PKS ke Anies-Cak Imin

Politik657 views

Inionline.id – Sebelum koalisinya akan terlibat bersama dalam pemenangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskndar di Pilpres 2024 Ketua DPP PKB, Cucun Ahmad mengaku partainya masih menunggu dukungan resmi dari PKS.

Cucun membantah pihaknya tak ingin melibatkan PKS. Menurut dia, PKB akan berkunjung PKS setelah partai tersebut mengumumkan sikap resmi.

“Jadi kalau sudah nanti dari PKS-nya ada dukungan berarti sudah masuk dalam koalisi PKB dengan NasDem ini kita akan silaturahmi dengan PKS,” ujar Cucun di kantor DPP PKB, Kamis (7/9).

Meski telah menyatakan dukungan ke Anies, Cucun menambahkan bahwa PKS belum secara resmi mendukung Cak Imin sebagai cawapres.

Cucun mengaku tak ingin partainya menjalin komunikasi sementara mekanisme internal PKS belum selesai.

“Jangan sampai kita ke sana mekanisme yang ada di internalnya belum selesai. Jadi kita tunggu bagaimana mekanisme yang tadi disampaikan sudah selesai baru kita akan silahturahmi,” ucap Cucun.

“Kalau dulu, kan, lagi dengan NasDem berjalan dukungan sudah untuk Pak Anies, dan kita dengar juga yang dirilis itu dukungannya diberikan ke Pak Anies yang Pak Muhaimin akan menyusul,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bendahara Umum DPP PKB Bambang Susanto menyebut PKS tengah menjalankan mekanisme internal. Dia masih menunggu keputusan hasil resmi mekanisme tersebut.

“Ya kita tunggu, kalau itu sudah dilakukan diputuskan baru kita akan silahturahmi,” kata Bambang.

PKS hingga saat ini belum terlibat dalam sejumlah kegiatan Anies dan Cak Imin sebagai capres dan cawapres. Mereka akan menggelar musyawarah majelis syuro untuk mengambil keputusan resmi.