Bulan September PDIP akan Umumkan Cawapres Pendamping Ganjar

Politik257 views

Inionline.id – Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pengumuman nama calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 bakal dilakukan September.

Hasto menyebut Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang mengumumkan setelah membahas bersama ketua umum partai politik koalisi dan Presiden Joko Widodo.

“September tentu saja ini kewenangan dari Ibu Ketua Umum mengumumkan calon dari wakil presiden yang tentu saja setelah berkoordinasi dengan seluruh ketua umum partai politik yang mengusung Ganjar dan juga dengan bapak Presiden Jokowi,” ujar Hasto kepada wartawan, Selasa (4/7).

PDIP, kata Hasto, saat ini masih menggodok nama-nama yang yang masuk dalam bursa cawapres. Proses tersebut akan berlangsung hingga dua bulan ke depan selama Juli-Agustus.

Hasto mengklaim pihaknya tak akan sesumbar terkait cawapres pendamping Ganjar. Ia ingin memastikan cawapres mereka memiliki kekuatan elektoral untuk menang di Pilpres 2024.

“Bulan Juli, Agustus, akan menjadi momentum penggodokan dan kemudian akan dicari perpaduan terbaik, tetapi juga melihat aspek-aspek elektoral,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyebut beberapa nama yang masuk dalam bursa cawapres pendamping Ganjar di Pilpres 2024.

Mereka antara lain Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri BUMN Erick Thohir.

Kemudian ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno hingga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

PDIP sejauh ini baru membangun kerja sama dengan PPP, Perindo, dan Partai Hanura. PPP telah menyiapakan Sandiaga Uno untuk menjadi cawapres.