Ilmuwan Dibuat Bingung Menemukan Gumpalan Besar di Dasar Bumi Mirip Planet Kuno

Iptek157 views

Inionline.id – Ilmuwan menemukan struktur raksasa misterius berbentuk gumpalan yang menempati tiga hingga sembilan persen volume Bumi.

Struktur raksasa itu terletak di wilayah Afrika dan Pasifik, di bagian paling bawah mantel Bumi, tepatnya mengelilingi inti Planet.

Karena letaknya di inti Bumi, bagian paling jauh di bawah permukaan tanah, tentu tidak ada cara langsung untuk melihat situs ini. Namun, setidaknya dapat terlihat berkat gempa bumi dengan teknik yang dikenal sebagai tomografi seismik.

Saat gempa bumi terjadi, gelombang energi akan dikirim ke segala arah. Melalui getaran ini, para ilmuwan dapat membuat peta interior Bumi.

Namun, karena kondisi batuan dan cairan di dalam Bumi memiliki kepadatan yang berbeda, gelombang pun turut bergerak dengan kecepatan yang berbeda.

Perbedaan kecepatan getaran ini membuat ahli geologi mampu mencari tahu jenis material apa yang dilewati gelombang tersebut.

Dilansir dari IFLScience, Kamis (15/6), melalui teknik tomografi seismik ini, ilmuwan menemukan dua struktur misterius di wilayah yang dikenal dengan Large Low Shear Velocity Provinces (LLSVPs) dengan kecepatan geser rendah.

Daerah ini umumnya disebut “gumpalan”, di mana gelombang energi bergerak lebih lambat di wilayah ini dibanding saat melewati daerah sekitarnya.

Ilmuwan memang berhasil mendeteksi gumpalan misterius ini. Namun sayang mereka belum berhasil memecahkan dengan pasti apa yang tersembunyi di bawah sana.

Prediksi sementara terkait gumpalan ini adalah adalah tumpukan kerak samudera yang telah di subduksi dan terakumulasi selama miliaran tahun. Namun, teori lain mengatakan bahwa potongan-potongan ini adalah potongan dari planet kuno, Theia.

Theia sendiri adalah planet yang diduga memiliki ukuran sebesar planet Mars yang diduga pernah menghantam Bumi sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu. Namun sejauh ini belum ada hal yang pasti mengenai temuan itu.