Singapura Catat Rekor Suhu Panas Tertinggi dalam 40 Tahun

Internasional657 views

Inionline.id – Pada 13 Mei ingapura mencatat rekor suhu tertinggi dalam 40 tahun pada pekan lalu yakni mencapai 37 derajat celsius.

Suhu terpanas ini terdeteksi di Ang Mo Kio yakni setinggi 37 derajat celsius, sementara itu 36 derajat celsius di beberapa wilayah Singapura lainnya.

Suhu tinggi semacam ini merupakan hal yang langka di Singapura. Biasanya, suhu di Negeri Singa berkisar 26 derajat sampai 33 derajat celcius.

Mengutip badan meteorologi Singapura, suhu panas di Negeri Singa tak pernah di bawah 23 derajat dan tak pernah lebih dari 33 derajat celcius.

Suhu-suhu terhangat di Singapura pun biasanya terjadi pada April dan Mei.

Penyebab suhu udara yang tinggi ini diduga berkaitan dengan peristiwa El Nino. El Nino merupakan pola iklim yang menyebabkan kekeringan di beberapa bagian dunia serta hujan lebat di bagian dunia lain.

El Nino terakhir kali terjadi pada 2018-2019. El Nino tahun ini, di tambah periode musim kemarau di Singapura dan faktor-faktor lainnya seperti pelepasan energi kendaraan dan konstruksi, disebut berkontribusi pada cuaca hangat negara itu selama sepekan terakhir.

Sebuah studi lokal baru-baru ini memproyeksi berdasarkan kondisi Singapura pada 2015 bahwa daerah perkotaan yang sudah berkembang seperti Seng akan menghadapi lebih sedikit kenaikan suhu ketimbang kawasan urbanisasi seperti Khatib (hampir 0,8 derajat celcius) atau Ang Mo Kio (tepat di bawah 0,5 derajat celcius).

Untuk mengantisipasi kenaikan suhu ini, warga Singapura pun disarankan tidak lama-lama menggunakan kipas angin atau AC. Warga juga bisa menggunakan kendaraan umum alih-alih pribadi untuk bepergian demi mengurangi limbah panas.

Selain itu, negara tersebut juga bisa mulai meningkatkan ruang hijau seperti hutan dan taman, serta ruang biru seperti danau dan sungai.

Peningkatan suhu panas sebetulnya bukan cuma dirasakan di Singapura. Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) menyatakan dunia kemungkinan akan merasakan lonjakan suhu global ke tingkat rekor dalam lima tahun ke depan.

Baru-baru ini, India juga mencetak rekor suhu terpanas dalam sejarah yakni 45 derajat celsius di negara bagian Uttar Pradesh. Akibatnya beberapa bagian wilayah mengalami pemadaman listrik yang berlangsung lebih dari 12 jam dan membuat warga kian sengsara.

Tak hanya India, rekor suhu terpanas juga terjadi di Laos dan Vietnam pada pertengahan Mei lalu yang mencapai suhu masing-masing 44,2 dan 43,5 derajat celsius.