Ini 6 Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul Akibat Kebiasaan Tidak Memakai Alas Kaki

Kesehatan557 views

Inionline.id – Telapak kaki merupakan bagian tubuh manusia yang bisa mengalami perubahan seiring usia dan penggunaan. Pada saat kecil telapak kaki manusia cenderung lembut namun bisa menjadi semakin menebal dan berubah seiring pertambahan usia.

Telapak kaki seseorang yang semakin menebal ini sangat tergantung dari berbagai hal. Kebiasaan bertelanjang kaki baik di dalam atau luar ruangan juga merupakan faktor yang berpengaruh.

Pada mereka yang terbiasa bertelanjang kaki di luar ruangan, telapak kaki mereka cenderung lebih tebal dan keras. Sementara itu, bagi mereka yang kerap beralas kaki ke manapun, telapak kaki cenderung tetap lembut seiring waktu.

Kebiasaan tidak memakai alas kaki memang bisa menimbulkan berbagai manfaat sehat. Namun di sisi lain, terdapat dampak buruk juga yang bisa muncul dari kebiasaan tidak memakai alas kaki ini terutama ketika di rumah.

Tidak menggunakan alas kaki di rumah terutama untuk beraktivitas dan dalam waktu lama bisa menimbulkan beragam dampak kesehatan. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah dampak dari tidak menggunakan alas kaki saat di rumah.

Terpapar Kuman dan Bakteri

Tanpa alas kaki, kaki akan terpapar langsung dengan lantai yang mungkin terkontaminasi dengan kuman dan bakteri. Hal ini dapat menyebabkan infeksi dan penyakit yang mulai masuk Dari kaki.

Jamur Kaki

Kelembapan pada lantai rumah dapat memicu pertumbuhan jamur, terutama di area yang lembab seperti kamar mandi dan dapur. Tanpa sandal, kaki akan terpapar langsung dengan jamur tersebut, sehingga meningkatkan risiko terkena infeksi jamur kaki.

Cedera dan Luka

Tanpa alas kaki, seseorang rentan terkena cedera seperti terinjak benda tajam atau terjatuh dan memar kaki. Jika ada pecahan kaca atau benda tajam lainnya di lantai, bisa sangat berbahaya jika tidak menggunakan alas kaki. Kaki juga rentan terantuk dan menyebabkan berbagai masalah.

Kulit Kering

Jika lantai rumah terlalu dingin atau terlalu kering, kulit kaki bisa menjadi kering dan pecah-pecah. Dengan menggunakan sandal atau sepatu di dalam rumah, Anda dapat melindungi kaki dari udara dingin atau cuaca yang kering.

Masalah Postur

Beberapa orang mungkin mengalami masalah postur akibat jalan tanpa alas kaki yang baik. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit punggung dan sakit lutut.

Masalah Plantar Fasiciitis

Plantar fasciitis adalah kondisi peradangan yang terjadi pada jaringan ikat (fascia plantaris) yang menghubungkan tulang tumit dengan jari kaki. Kondisi ini biasanya ditandai dengan rasa sakit di bagian bawah tumit saat berjalan atau berdiri dalam waktu lama. Masalah ini dapat memburuk akibat kebiasaan tidak memakai alas kaki saat di rumah.

Sejumlah dampak tersebut bisa dialami ketika tidak menggunakan alas kaki ketika di rumah. Sangat disarankan untuk menggunakan alas kaki yang bersih serta memiliki sol untuk menopang tubuh agar terhindar dari sejumlah masalah kesehatan tersebut.