Berikut ini 9 Kebiasaan untuk Menurunkan Berat Badan Secara Permanen

Kesehatan857 views

Inionline.id – Berat badan kerap menjadi kekhawatiran banyak orang. Anda bisa melakukan kebiasaan ini untuk menurunkan berat badan secara permanen.

Banyak cara diet, obat atau suplemen, dan daftar makanan yang mengklaim dapat menurunkan berat badan dengan cepat, namun tidak terbukti secara penelitian.

Menurut Help Guide, tidak ada solusi atau ukuran pasti untuk proses penurunan berat badan yang sehat dan permanen.

Penurunan berat badan dengan suatu metode terkadang berhasil di beberapa orang saja, sedangkan beberapa orang yang lain gagal dalam metode yang sama.

Hal ini terjadi karena tubuh kita merespons hal secara berbeda, bergantung pada genetika dan faktor kesehatan lainnya.

Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa strategi yang didukung oleh ilmu pengetahuan yang berdampak pada pengelolaan berat badan secara permanen.

1. Mengendalikan lapar emosional

Terkadang makan menjadi pemuas emosi tanpa rasa lapar sebelumnya. Misalnya ketika sedang merasa stres, makanan adalah sebuah solusi.

Mengatasi emosi bisa dengan cara yang lebih sehat, seperti yoga atau meditasi, juga dapat menjadi salah satu cara untuk rileks dan juga menurunkan berat badan.

2. Membiasakan makan dengan kesadaran penuh

Hindari gangguan saat makan, seperti menonton televisi atau bermain ponsel.

Fokus pada apa yang dimakan dengan mengunyah perlahan dan menikmati setiap suapan dapat membantu proses pencernaan.

3. Tetap termotivasi

Melakukan kegiatan dengan sebuah tujuan yang pasti bisa membantu Anda untuk mencapai target dan menjaga motivasi, seperti menurunkan berat badan.

Gunakan alat bantu seperti aplikasi ponsel untuk memantau kemajuan dan tetap fokus pada tujuan akhir yaitu menurunkan berat badan.

4. Kurangi konsumsi gula dan karbohidrat olahan

Mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat olahan dapat membantu mengendalikan asupan kalori dan menjaga stabilitas gula darah.

Mengganti makanan manis dengan buah-buahan segar dapat menjadi pilihan yang sehat dan tepat.

5. Lengkapi makanan dengan buah, sayur, dan serat

Makanan berserat tinggi seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

6. Kendalikan lingkungan makanan

Memasak makanan sendiri di rumah memungkinkan Anda mengontrol porsi dan kualitas makanan. Hindari makanan cepat saji dan batasi makanan menggoda di rumah.

7. Berolahraga

Olahraga secara teratur membantu meningkatkan metabolisme dan membakar kalori.

Anda bisa mulai menemukan aktivitas fisik yang Anda nikmati, seperti berjalan, bersepeda, atau lari pagi.

8. Menjaga berat badan tetap turun

Mencatat apa yang Anda makan setiap hari, berolahraga secara teratur, dan memeriksa berat badan secara berkala dapat membantu mempertahankan penurunan berat badan dalam jangka panjang.

9. Kelola stres

Stres memicu pelepasan hormon adrenalin dan kortisol, yang awalnya mengurangi nafsu makan sebagai bagian dari respons tubuh melawan atau menghindar dari situasi stres.

Kortisol memberi sinyal kepada tubuh untuk mengisi kembali simpanan nutrisi dengan sumber bahan bakar pilihan, yaitu karbohidrat.

Insulin kemudian membawa gula dari karbohidrat ke otot dan otak. Jika gula ini tidak digunakan untuk melawan atau melarikan diri, tubuh akan menyimpannya sebagai lemak.

Dengan menggunakan strategi di atas Anda bisa menurunkan berat badan secara permanen. Semoga bermanfaat.