Bertambah Jadi 36 Orang Korban Tewas Penembakan Massal di Thailand

Internasional157 views

Inionline.id – Korban tewas akibat penembakan massal di Thailand bertambah menjadi 36 orang tewas. 24 di antaranya anak-anak.

Penembakan massal itu terjadi di sebuah pusat penitipan anak di timur laut Thailand yang diyakini sebagai insiden paling mematikan di negara itu dari jenisnya.

Pihak berwenang segera melakukan perburuan terhadap tersangka penyerang, yang kemudian diidentifikasi oleh Biro Investigasi Pusat (CIB) Thailand sebagai Panya Kamrab. Pelaku merupakan seorang mantan polisi berusia 34 tahun.

Menurut Polisi Kerajaan Thailand, dia diskors dari tugas polisi awal tahun ini terkait dengan tuduhan kepemilikan narkoba. Di antara lusinan korban adalah istri dan anak tiri Kamrab, yang menurut penyelidik dia bunuh sebelum bunuh diri.

Anak tirinya yang berusia 2 tahun terdaftar di kamar bayi yang dia serang pada hari Kamis waktu setempat. Tetapi, anaknya tidak hadir saat serangan itu dilakukan.

“(Kamrab) pergi mencari putranya yang berusia dua tahun, tetapi bocah itu tidak ada di sana, jadi dia mulai menembak dan menikam orang-orang di kamar bayi,” kata juru bicara polisi Mayor Jenderal Paisan Luesomboon.

Kamrab kemudian masuk ke sebuah ruangan di mana 24 anak-anak tidur bersama. Dia diduga membunuh semua kecuali satu dari mereka.

“Dia juga menggunakan pisau untuk menikam anak-anak dan staf di pusat itu,” kata Luesomboon.

Thailand menempati peringkat sebagai negara Asia Tenggara dengan pembunuhan senjata tertinggi kedua setelah Filipina. Data itu dirilis oleh Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di database Global Burden of Disease 2019 University of Washington.