Korban Tewas Akibat Banjir di Afrika Selatan Terus Bertambah, Menjadi 443 Orang

Internasional157 views

Inionline.id – Korban tewas akibat banjir yang melanda pantai timur Afrika Selatan telah meningkat. Hingga kini, total ada 443 korban tewas dan puluhan orang lainnya masih hilang.

“Jumlah korban tewas sekarang mencapai 443,” kata Perdana Menteri Provinsi KwaZulu-Natal, Sihle Zikalala, Senin (18/4/2022).

Zikalala menambahkan ada 63 orang lainnya masih belum ditemukan. Menurutnya, cuaca buruk telah memperlambat operasi penyelamatan warga terdampak banjir yang melanda sebagian kota pesisir tenggara Durban dan daerah sekitarnya awal pekan lalu.

Rumah Sakit dan Sekolah Hancur

Deputi Menteri Pembangunan Sosial, Hendrietta Bogopane-Zulu mengatakan sekitar 340 pekerja sosial telah dikerahkan untuk menawarkan dukungan kepada para korban. Sebagian besar korban berada di Durban, kota pelabuhan dan pusat ekonomi utama.

Beberapa bagian kota telah tanpa air dan listrik sejak Senin setelah banjir merusak infrastruktur. Puluhan rumah sakit dan ratusan sekolah hancur.

Banjir ini memaksa Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa menunda kunjungan kerja ke Arab Saudi yang dijadwalkan pada Selasa mendatang.

“Hilangnya ratusan nyawa dan ribuan rumah, serta dampak ekonomi dan penghancuran infrastruktur membutuhkan semua tangan,” kata Ramaphosa.