Ukraina Belum Setuju Saat Rusia Mengusulkan Gencatan Senjata Baru di 5 Kota

Internasional057 views

Inionline.id – Rusia telah mengusulkan gencatan senjata baru di 5 kota Ukraina. Akan tetapi Ukraina secara resmi belum menyetujui gencatan senjata itu.

Selasa (8/3/2022), gencatan senjata itu diusulkan mulai hari ini pukul 10 pagi waktu Rusia. Gencatan senjata ini artinya mereka siap membuka koridor evakuasi dari 5 kota yaitu Kiev, Chernihiv, Sumy, Kharkiv dan Mariupol.

Hal itu dilaporkan media Rusia mengutip Markas Besar Koordinasi Rusia untuk Respon Kemanusiaan di Ukraina. Ukraina belum secara resmi menyetujui proposal gencatan senjata.

“Rusia mendeklarasikan gencatan senjata mulai pukul 10 pagi (waktu Moskow) pada 8 Maret, dan siap untuk menyediakan koridor kemanusiaan, dari Kiev dan pemukiman yang berdekatan ke Federasi Rusia melalui wilayah Republik Belarus ke Gomel,” media Rusia mengutip pernyataan itu.

Pernyataan Rusia menambahkan bahwa koridor evakuasi juga akan dibuka di Chernihiv.

“Juga akan dibuka dari Chernihiv melalui wilayah Belarus, dari kota Sumy sepanjang dua rute ke Poltava dan ke wilayah Rusia, dari Kharkiv ke wilayah Rusia atau ke Lviv, Uzhgorod, Ivano-Frankivsk. Juga, koridor kemanusiaan akan dibuka dari Mariupol di sepanjang dua rute ke wilayah Rusia dan Zaporizhie,” sebutnya.

Rusia mengatakan pihaknya menawarkan untuk menyetujui rencana koridor evakuasi dengan Ukraina pada pukul 3 pagi waktu Moskow pada hari Selasa. Penawaran ini menjelang gencatan senjata yang dimulai pada pukul 10 pagi waktu setempat.