Rombongan Motor Masuk Tol Kelapa Gading akan Diselidiki Polisi

Inionline.id – Polisi menyelidiki dugaan rombongan pengendara Supermoto yang menerobos Tol Kelapa Gading-Pulogebang pada Sabtu (26/2) dini hari lalu.

Peristiwa tersebut terekam dalam video dan menjadi viral di media sosial dalam beberapa hari terakhir. Terlihat rombongan pengendara motor yang berkendara di jalan tol sepi pada hari yang gelap.

“Sementara tim masih bekerja dan proses penyelidikan,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam saat dikonfirmasi, Selasa (27/2).

Ia menyebutkan bahwa pihaknya masih mencoba mengidentifikasi rombongan tersebut. Sehingga, saat ini belum dapat membeberkan lebih lanjut terkait dengan peristiwa tersebut.

Jamal hanya mengkonfirmasi bahwa dugaan penerobosan tol tersebut benar terjadi pada akhir pekan lalu. Kejadian diperkirakan terjadi pada sekitar pukul 03.00 WIB.

“Info perkembangan nanti akan disampaikan,” tambah dia.

Terpisah, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan bahwa pemerintah memiliki aturan mengenai larangan sepeda motor untuk dapat melintas di jalan tol.

Aturan tersebut, kata dia, termaktub dalam Pasal 38 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2015.

“Tertulis di situ bahwa jalan tol diperuntukkan bagi pengendara yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih,” ucap Sambodo.

Menurutnya, dalam Pasal 38 ayat 1a PP Nomor 44 Tahun 2009 terdapat jalan tol yang memang dilengkapi dengan jalur khusus bagi kendaraan bermotor roda dua. Namun demikian, Tol Kelapa Gading sebagaimana dilintasi rombongan tersebut tak dilengkapi dengan jalur khusus bagi kendaraan roda dua.

Sambodo memastikan bahwa pihaknya bakal melakukan penindakan hukum secara tegas bagi rombongan yang melanggar aturan tersebut.

Dalam rekaman video yang beredar di media sosial, terlihat puluhan kendaraan roda dua melintas di jalan tol tersebut. Mereka menutupi jalan sekitar tol yang sepi itu.

Terdengar suara knalpot motor yang bising selama video tersebut direkam. Beberapa pengendara bahkan terlihat beraksi dengan berdiri di atas pedal motor selama melintas.