Akibat Banjir, 2 Jembatan di Pandeglang Banten Putus

Antar Daerah257 views

Inionline.id – Banjir merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Pandeglang, Banten. Banjir juga menyebabkan dua jembatan putus.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBDPK) Kabupaten Pandeglang Rahmat Zultika mengatakan dua jembatan tersebut berada di Kampung Kadujangkung, Desa Ramea, Kecamatan Mandalawangi, dan jembatan di Kampung Sindangresmi, Desa Ciherang, Kecamatan Picung.

“Iya benar dua buah jembatan penghubung warga desa dilaporkan terputus. Akibat bencana banjir dan longsor,” kata Rahmat kepada wartawan, Selasa (1/3/2022).

Jembatan di Kampung Kadujangkung merupakan jembatan permanen. Jembatan tersebut putus akibat bagian bawahnya yang tergerus banjir.

Sementara itu, jembatan gantung di Kampung Sindangresmi terputus karena terbawa oleh air sungai. Selain berdampak pada jembatan, banjir menyebabkan ratusan rumah terendam.

Berikut jumlah wilayah yang terendam banjir:

– 8 kampung di Desa Citeureup, Kecamatan Panimbang.
– 2 kampung di Desa Kalanganyar, Kecamatan Labuan.
– 2 desa di Kecamatan Cigeulis.
– 1 desa di Kecamatan Pagelaran.

“Selain dua buah jembatan putus, ratusan rumah terendam banjir. Tersebar di empat kecamatan,” tuturnya.

Dia mengatakan ketinggian banjir mulai surut dari 1,5 meter menjadi sekitar 1 meter. Rahmat mengatakan BPBD terus mengumpulkan data terkait banjir.

“Dengan ketinggian air dari mulai 40 centimeter sampai 1 meter,” ucapnya.