Terkait Penanganan Pandemi 2021 Ini Catatan Demokrat untuk Pemerintah

Politik357 views

Inionline.id – Di tahun 2021 Partai Demokrat memberikan sejumlah catatan pada pemerintah terkait penanganan pandemi Covid-19. Demokrat meminta pemerintah tidak lengah dan anggap remeh pandemi. Terlebih setelah varian Omicron terdeteksi di Tanah Air.

Demokrat sangat tidak berharap penanganan pandemi seperti saat varian Delta menyebar kembali terulang. Itu sebanya, pemerintah harus fokus pada upaya penanganan bidang kesehatan dan membuat kebijakan yang konkret.

“Jangan kemudian membuat kebijakan serba tanggung. Bingung fokus ke kesehatan atau ekonomi, ujung-ujungnya dua-duanya berantakan dan mengalami perlambatan,” kata Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra dalam keterangannya, Jumat (31/12).

Apalagi sudah 1,5 tahun rakyat bingung dan menghadapi kesulitan luar biasa dari ancaman nyawa karena Covid-19, dan kondisi ekonomi memburuk.

“Seharusnya Pemerintah berfokus pada upaya-upaya bagaimana agar rakyat bisa terhindar dari bencana Covid-19. Seperti yang diingatkan berulang kali oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, tidak ada yang lebih berharga daripada nyawa manusia,” jelas Herzaky.

Demokrat juga berharap pemerintah tetap bersikap terbukan, menerima masukan dan kritik terkait kebijakan yang akan diambil. Pemerintah diminta melibatkan seluruh elemen dari dalam maupun luar pemerintahan. Harapannya, dampak pandemi akan mudah diminimalisir.

“Seharusnya dampak Pandemi ini bisa kita lebih minimalisir, jika pemerintah sejak awal terbuka dengan masukan dari akademisi, kalangan masyarakat sipil, dan partai politik yang berada di luar pemerintahan. Jangan kemudian ketika situasi memburuk dan mendapatkan kritikan tajam dari berbagai pihak, baru Pemerintah mau mendengarkan. Sudah ratusan ribu nyawa rakyat Indonesia yang menjadi korban, baru Pemerintah berubah,” tegasnya.