Satu Rumah Warga Hanyut Akibat Banjir Lahar Dingin Semeru

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Hujan deras mengguyur kawasan Gunung Semeru mengakibatkan banjir lahar hujan ke Sejumlah Daerah Aliran Sungai (DAS). Salah satunya Sungai Leprak yang berada di Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Besarnya banjir lahar, membuat sebuah milik Sanan (62) yang berada di Dusun Kebondeli Utara Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro terbawa arus banjir. Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB ini membuat bangunan rumah beserta isinya terbawa arus banjir.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Petugas BPBD Lumajang mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat terjadi banjir lahar gGunung Semeru. Selain itu warga diimbau tidak mendekati sungai saat terjadi banjir lahar dengan jarak aman minimal 500 meter.

Selain itu warga diimbau tidak mendekati sungai saat terjadi banjir lahar dengan jarak aman minimal 500 meter.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan saat terjadi banjir. Segera menjauh dari sungai minimal 500 meter ketika terjadi banjir lahar gunung Semeru,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Lumajang Indra Wibawa Leksana kepada detikcom Sabtu (1/1/2022).

Hingga kini, status Gunung Semeru masih level tiga atau siaga.