Di Tengah Penyebaran Omicron Inggris Mencatat 93 Ribu Kasus Corona Sehari

Internasional057 views

Inionline.id – Pemerintah Inggris melaporkan lebih dari 93 ribu kasus baru virus Corona (COVID-19) dalam sehari di wilayahnya. Ini berarti sudah tiga hari-berturut-turut Inggris mencetak rekor tertinggi untuk tambahan kasus harian Corona.

Sabtu (18/12/2021), penyebaran luas varian baru Omicron disebut telah memicu lonjakan kasus Corona di seluruh wilayah Inggris.

Data terbaru otoritas kesehatan Inggris pada Jumat (17/12) waktu setempat menyebutkan 93.045 kasus Corona terdeteksi dalam 24 jam terakhir di negara tersebut.

Angka tersebut mengeser rekor tertinggi sebelumnya yang tercatat pada Kamis (16/12) waktu setempat, dengan 88.376 kasus Corona terdeteksi dalam sehari. Sehari sebelum itu, atau pada Rabu (15/12) waktu setempat, seperti dilansir BBC, Inggris mencatat 78.610 kasus Corona dalam sehari.

Dengan tambahan itu, maka total lebih dari 11,1 juta kasus Corona kini terkonfirmasi di Inggris.

Dalam 24 jam terakhir, Inggris juga melaporkan tambahan 111 kematian. Dengan demikian, total kematian akibat Corona di Inggris kini melampaui 147.000 kematian.

Menteri Pertama wilayah Skotlandia, Nicola Sturgeon, menyebut varian Omicron kini mendominasi di Inggris. “Tsunami yang saya peringatkan sekitar sepekan lalu sekarang mulai melanda kita,” sebutnya.

Sementara pemimpin Wales, Mark Drakeford, menyerukan kepada warga untuk bersiap menghadapi ‘badai Omicron’ saat mengumumkan bahwa kelab malam di wilayah Wales akan tutup setelah 26 Desember. Aturan social distancing juga diberlakukan kembali di pertokoan dan tempat kerja.

Inggris saat ini meningkatkan laju vaksinasi massal untuk memberikan suntikan booster kepada sebanyak mungkin orang sebelum akhir tahun.

Perdana Menteri (PM) Boris Johnson menyebut tujuan dari langkah itu adalah ‘berupaya memastikan bahwa kita tidak hanya mendapati peluncuran vaksinasi tercepat di Eropa’ tapi juga ‘untuk mencegah sejumlah konsekuensi merusak dari Omicron’.