Najwa Shihab dan Tommy Tjokro Diusulkan Jadi Moderator Debat, TKN Jokowi Tak Permasalahkan, BPN Prabowo Keberatan

Politik157 views

Inionline.Id – Nama Najwa Shihab dan Tommy Tjokro muncul sebagai kandidat moderator debat kedua pilpres. “Ya, nama mereka (Najwa Shihab dan Tommy Tjokro) itu diusulkan oleh TV,” kata Ketua KPU Arief Budiman.

Terkait jumlah moderator, Arief mengatakan masih membahas bersama jajarannya. Namun, secara pribadi, Arief mengusulkan hanya ada satu moderator dalam debat kedua.

“Moderator dua (orang) kan mengambil waktu agak lama, kalau saya sendiri mengusulkan bisa satu. Jadi lebih cepat gitu, silakan-silakan tanya jawab gitu,” kata Arief.

Menanggapi usulan moderator debat, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno mengaku keberatan atas nama-nama yang diusulkan tersebut, terutama Najwa Shihab.

Juru Bicara Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade menolak Najwa untuk menjadi moderator dalam debat kedua nanti. Najwa dianggap memiliki rekam jejak yang tidak netral.

Andre mengusulkan untuk mencari nama lain selain Najwa Shihab yang bisa terjamin netralitasnya.

“Saran kami, lebih baik KPU menunjuk figur lain yang lebih netral agar jangan menjadi polemik nantinya. Masih banyak figur lain yang mampu menjadi moderator tapi berposisi netral. Itu harapan kami kepada KPU,” kata Andre.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon juga ikut mengomentari usulan nama Najwa Shihab dan Tommy Tjokro sebagai moderator debat kedua Pemilihan Presiden 2019.

“Dua-duanya kayaknya punya afiliasi politik gitu. Kalau nama itu yang disebut ya, mungkin agak kurang independen kali ya,” ujar Fadli di kompleks DPR, Selasa (22/01).

Namun, Fadli menyerahkan hal ini kepada Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pasti meminta saran dari dua tim kampanye ketika ingin menentukan moderator.

“Saya enggak mengatakan menolak. Nanti ada yang ngurus lah itu,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Verry Surya Hendrawan mengatakan pihaknya tidak mempermasalahkan jika nantinya Najwa dan Tommy yang akan menjadi moderator pada debat kedua nanti.

Menurut Verry, Najwa yang terkenal sebagai jurnalis dan presenter selalu mengundang kedua kubu peserta Pilpres 2019 dalam acaranya.

“Keduanya sosok yang tepat. Tidak ada tendensi bahwa salah satu atau salah duanya cenderung kepada kami, tidak,” kata Verry, dilansir dari Tirto.

Lalu Jubir TKN Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily, mengungkapkan Najwa dan Tommy merupakan sosok yang independen dan profesional.

“Seharusnya kubu sebelah jangan dulu meragukan soal profesionalitas Mbak Najwa sebagai presenter yang selama ini teruji kapasitasnya dalam memandu debat-debat politik di media televisi,” kata Ace.

“Kami percaya dengan Mbak Najwa bahwa beliau akan profesional dalam memandu debat. Lihat saja dalam acara-acara talkshow di televisi, Mata Najwa, sangat proporsional dalam memberikan kesempatan kepada kedua kubu,” tambahnya.

Debat kedua pilpres akan digelar Minggu (17/2/2019). Peserta debat adalah calon presiden. Tema yang diangkat energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Debat akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta. Empat stasiun televisi akan menyiarkan debat, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *