Diumumkan, Pesan WhatsApp Kini Hanya Bisa di Forward ke 5 Orang

Iptek157 views

Inionline.Id – Layanan pesan instan, WhatsApp telah mengumumkan pihaknya telah membatasi pesan diteruskan (forward) hanya ke 5 orang atau kontak. Tak hanya di Indonesia namun Pembaruan fitur tersebut kini juga berlaku dalam skala global.

“Fitur meneruskan pesan akan diseragamkan menjadi lima untuk Indonesia dan global,” kata Wakil Direktur Kebijakan Publik dan Komunikasi WhatsApp, Victoria Grand.

Sebelumnya, user WhatsApp dapat meneruskan pesan sampai ke 20 kontak. Pembatasan sebanyak hanya 5 kontak yang diimplementasikan mulai hari Selasa (22/01) di Indonesia.

Upaya itu dilakukan untuk menekan peredaran hoaks yang merajalela hingga menimbulkan keresahan sosial. WhatsApp menyadari 90 persen pesan yang beredar di platform tersebut merupakan pesan pribadi, sisanya dapat berupa pesan-pesan yang lain. Dengan membatasi sebuah pesan hanya dapat diteruskan lima kali, Victoria menilai jika ada perilaku yang mencurigakan, pesan tersebut dapat dilacak ke lima pesan sebelumnya.

Victoria menjelaskan bahwa fitur forward pesan sebetulnya sangat bermanfaat. “Banyak yang menggunakan fitur tersebut,” ujarnya. Namun, kata dia, setelah menurunkan banyaknya fitur teruskan pesan menjadi 5, ada penurunan perilaku meneruskan pesan sebanyak 25 persen pengguna.

“Kami sangat bangga dengan hasil itu. Kini kami mengumumkan fitur teruskan pesan di Indonesia dan di dunia menjadi 5 kali. Ini dilakukan setelah berdiskusi dengan pemangku kepentingan khususnya Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Kami yakin akan dapat hasil yang positif dan aman ke depannya,” kata Victoria.

Selain terdapat penurunan dalam penggunaan fitur teruskan pesan, WhatsApp juga melakukan identifikasi terhadap perilaku pengguna. Hal itu dilakukan ketika WhatsApp melihat perilaku normal dan abnormal perilaku pengguna.

“WhatsApp tidak bisa melihat secara langsung pesan yang beredar, karena menggunakan sistem enkripsi end-to-end. Hanya bisa melakukan identifikasi perilaku penggunanya,” tutur dia.

“Di Brazil, WhatsApp menghapus 400 ribu akun yang terdeteksi melakukan spaming untuk mengurangi kemungkinan penyalahgunaan platform, hal itu terjadi menjelang 90 hari pemilu Brazil.” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *