Meluncur Hari Ini, Kenali Fitur dari Windows 11

Iptek157 views

Inionline.id – Microsoft segera meluncurkan sistem operasi Windows 11 ke seluruh pengguna mulai 5 Oktober. Windows 11 bisa diunduh (download) gratis dan memiliki sejumlah peningkatan dari Windows 10.

“Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa Windows 11 akan tersedia pada 5 Oktober 2021,” kata Microsoft dalam blog resminya yang diumumkan beberapa waktu lalu.

Microsoft mengklaim, Windows 11 dirancang untuk memberikan pengalaman baru untuk pengguna. Sistem operasi ini juga disebut menambah produktivitas dan kreativitas pemakainya.

Berikut 11 fitur utama di Windows 11:

  1. Desain dan suara baru.
  2. Menu Start baru yang ditampilkan di tengah. Start juga memanfaatkan cloud dan Microsoft 365 untuk menampilkan file terbaru yang dibuka, meskipun digunakan dari perangkat berbeda.
  3. Fitur Snap Layouts, Snap Groups, dan Desktops. Fitur ini menyediakan cara baru saat melakukan multitask.
  4. Chat dari Microsoft Teams kini terintegrasi ke taskbar, membuat terhubung ke pengguna lain menjadi lebih mudah.
  5. Widget yang diperbarui dan didukung AI agar lebih cepat mengakses informasi. Ada juga peningkatan di browser Microsoft Edge untuk menjelajahi web.
  6. Rangkaian fitur gaming seperti DirectX12 Ultimate, DirectStorage, dan Auto HDR. Lalu ada Xbox Game Pass for PC or Ultimate untuk mengakses lebih dari 100 game PC yang bisa dimainkan.
  7. Microsoft Store, toko aplikasi ini sudah diubah tampilannya agar pengguna lebih mudah menemukan aplikasi, game, acara, hingga film.
  8. Windows 11 didesain dengan fitur aksesibilitas baru, menjadikannya lebih ramah untuk penyandang disabilitas.
  9. Windows 11 memungkinkan toko aplikasi mereka lebih terbuka ke developer dan independent software vendors (ISV).
  10. Windows 11 ditingkatkan kecepatan dan dukungan pada layar sentuh, pena digital, dan input suara.
  11. Windows 11 mendukung sistem kerja hybrid (gabungan online dan offline) dengan Azure Virtual Desktop dan Windows 365.

Cara download Windows 11:

  1. Buka Settings
  2. Klik Windows Update
  3. Klik Check for Updates

Microsoft berjanji Windows 11 akan diluncurkan secara bertahap dari 5 Oktober hingga pertengahan 2022. Perangkat baru yang sudah memenuhi syarat akan segera diberikan update Windows 11 lebih dulu.