Berikut ini Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome Hp

Iptek657 views

Inionline.id – Saat berselancar di dunia maya, terkadang pengguna terkendala karena situs yang hendak dibuka ternyata diblokir di Google Chrome. Berikut cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome Hp.

Seringkali, pemblokiran web atau situs ini disebabkan oleh penyedia layanan internet atau memang situs yang terblokir oleh sendirinya.

Dalam hal ini, tentu saja terdapat beberapa cara yang bisa pengguna gunakan ketika mengalami kendala dalam mengakses sebuah website yang diblokir.

Dikutip dari laman Cyber News, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuka situs web yang diblokir di Google Chrome.

1. Buka situs diblokir di Chrome

Jika Chrome sudah memblokir situs web tertentu, ada beberapa langkah sederhana yang bisa pengguna ikuti untuk mengubah pengaturan dan mengakses situs tersebut.

Caranya, masukkan situs web di Chrome, lalu di sebelah kiri bilah alamat situs lihat ikon gembok. Klik di atasnya dan cari Pengaturan situs untuk mengubah status yang diblokir.

2. Gunakan VPN

Jika mengubah peraturan situs Chrome tidak bisa dilakukan, gunakan Virtual Private Network (VPN).

VPN dapat digunakan untuk mengakses situs yang terblokir. Hal ini disebabkan karena VPN memungkinkan pengguna untuk memalsukan alamat IP sehingga lokasi pengguna yang sebenarnya tidak dapat diketahui.

Sebagian besar penyedia VPN memiliki aplikasi yang sesuai dengan platform pengguna. Misalnya, NordVPN memiliki aplikasi asli untuk Windows, Linux, Android, Mac, iOS, dan lainnya.

3. Pakai situs proxy

Penggunaan proxy ini gratis dan tidak memerlukan instalasi, biasanya situs ini digunakan untuk membuka situs yang terblokir karena pembatasan berdasarkan lokasi geografis.

Salah satu situs proxy yang bisa dicoba adalah CroxyProxy. Lalu, masukkan link situs yang diblokir pada kolom yang tersedia dan tekan Go untuk memprosesnya.

4. Gunakan alamat IP

Setiap URL situs web memiliki alamat IP. URL merupakan rangkaian alamat situs web yang terlihat di alamat situs. Sementara IP merupakan urutan nomor yang unik untuk server hosting situs web.

Ada kemungkinan administrator jaringan yang memblokir situs hanya menyimpan URL, bukan IP. Sehingga ini memungkinkan pengguna untuk dapat menggunakan alamat IP situs web untuk membuka halaman web yang diblokir di browser Chrome.

5. Gunakan Tor Browser

Tor Browser, sebuah situs dan aplikasi browser juga gratis yang memungkinkan pengguna menjaga anonimitasnya di internet, sehingga dapat menjadi cara untuk membuka blokir situs web.

Tor Browser menyembunyikan IP dari server tujuan dan menyembunyikan IP server tujuan dari ISP. Namun, kecepatan koneksi bisa menurun saat Tor digunakan dan beberapa situs web mungkin masih diblokir.

6. Coba Google Translate

Banyak yang tidak mengetahui bahwa Google Translate atau Google Terjemahan bisa dimanfaatkan untuk melihat situs yang diblokir.

Pengguna hanya perlu mengetikkan URL atau situs web yang ingin dibuka blokirnya ke kotak teks yang perlu diterjemahkan. Kemudian klik tautan di bagian terjemahan maka pengguna bisa mengakses halaman tersebut dalam versi alih bahasa.

7. Buka arsip internet

Pengguna juga bisa memanfaatkan layanan arsip internet seperti Wayback machine. Wayback machine merupakan website yang menyediakan beragam konten website dalam bentuk arsip digital.

Website ini memungkinkan pengguna untuk dapat menelusuri konten yang diblokir secara online.