Di I/O 2024 Google Luncurkan Sederet Fitur AI Baru

Iptek857 views

Inionline.id – Google memperkenalkan sederet fitur kecerdasan buatan (AI) baru pada gelaran I/O 2024, mulai dari Gemini 1.5 Flash yang lebih gesit hingga asisten AI.

Pada Desember 2023, Google meluncurkan model AI multimodal Gemini 1.0 dalam tiga versi, yakni Ultra, Pro, dan Nano.

Beberapa bulan kemudian, raksasa teknologi ini meluncurkan versi terbaru Gemini 1.5 Pro yang memiliki performa lebih kuat serta konteks lebih panjang hingga 1 juta token.

Kini, Google menghadirkan versi Gemini 1.5 yang lebih gesit, yakni Gemini 1.5 Flash.

“Kami memperkenalkan Gemini 1.5 Flash. Flash adalah model yang lebih ringan dibandingkan dengan Pro yang dirancang agar cepat dan hemat biaya untuk melayani dalam skala besar, namun tetap menampilkan kemampuan penalaran multimodal dan terobosan konteks yang panjang. Ini dioptimalkan untuk tugas-tugas yang mengutamakan latensi rendah dan biaya,” Demis Hassabis, CEO of Google DeepMind dalam sebuah sesi pratinjau secara daring pada Senin (13/5).

“Gemini 1.5 Flash akan tersedia untuk pratinjau publik di AI Studio AI dan Vertex AI pada Selasa (15/5),” tambahnya.

Model multimodal adalah model mesin pembelajaran atau machine learning yang mampu memproses informasi dari modalitas yang berbeda, seperti gambar, video, dan teks.

Dalam hal ini, model multimodal Google, Gemini, dapat menerima input foto sepiring kue dan menghasilkan resep tertulis sebagai respons dan sebaliknya.

Selain meluncurkan Gemini 1.5 Flash, Google juga memberi peningkatan untuk Gemini 1.5 Pro dengan memberikan 2 juta token konteks.

Google juga memberikan peningkatan pada fungsi pembuatan kode, penalaran dan perencanaan logis, percakapan multi-arah, serta pemahaman audio dan gambar melalui peningkatan data dan algoritma.

Dengan demikian, Gemini 1.5 Pro kini dapat mengikuti instruksi yang semakin kompleks dan bernuansa, termasuk instruksi yang menentukan perilaku tingkat produk seperti peran, format, dan gaya.

Lebih lanjut, Google juga memperkenalkan Gemini Live yang akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang. Dengan Gemini Live, Anda dapat berbicara dengan Gemini yang memiliki 10 opsi tone dan gaya bicara.

Anda bahkan dapat mengatur tempo pembicaraan atau menyela di tengah-tengah respons dengan pertanyaan klarifikasi, seperti dalam percakapan dengan manusia pada umumnya.

Fitur ini mungkin akan berguna dalam beberapa situasi seperti persiapan wawancara yang membutuhkan latihan atau tips.

Gemini Live nantinya juga akan diberikan fitur yang memungkinkan pengguna memakai kamera, sehingga percakapan antara Anda dan Gemini bisa membahas lingkungan sekitar.

Google kini juga mempersenjatai fitur paling populer mereka, Google Search, dengan AI generatif. Berbekal teknologi tersebut, proses pencarian informasi dengan mesin ini diklaim bakal lebih mudah.

Salah satu fitur yang akan ada pada Google Search adalah AI Overviews. Fitur ini akan memberikan simplifikasi pada topik-topik yang tengah ditelusuri pengguna di Google Search.

Sayangnya, fitur ini baru akan diluncurkan untuk pengguna di Amerika Serikat (AS). Pengguna di negara lain disebut akan dapat menikmati fitur ini beberapa waktu mendatang.

“Saya sangat senang mengumumkan bahwa kami akan mulai meluncurkan pengalaman Search baru yang telah diubah sepenuhnya dengan AI Overviews untuk semua orang di AS pekan ini. Dan kami akan segera menghadirkannya ke lebih banyak negara,” ujar Sundar Pichai, CEO Google and Alphabet.