Menkominfo: Lebaran Tahun Ini, Lebaran Digital

Iptek057 views

Inionline.id – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengajak masyarakat agar tidak mudik atau melakukan silaturahmi fisik ke kampung halaman.

Sebagai gantinya, Johnny mengajak masyarakat melakukan silaturahmi secara virtual atau bisa disebut dengan Lebaran digital.

“Kita canangkan bersama-sama melakukan lebaran tahun ini sebagai lebaran digital. Lebaran digital itu keren,” tuturnya saat Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9), Rabu (5/5).

Menurut Johnny, silaturahmi virtual melalui aplikasi tidak akan mengurangi makna yang sebenarnya. Masyarakat tetap mampu menjalin komunikasi efektif melalui perangkatnya dengan sanak saudara yang berjauhan lokasinya.

“Merayakan acara hari besar hari Lebaran nanti secara virtual tetap meriah, dalam keluarga sendiri dengan berkomunikasi melalui teknologi yang ada,” tuturnya melanjutkan.

Upaya Cegah ‘Tsunami’ Covid-19

Lebih lanjut Johnny juga mengatakan peniadaan mudik merupakan upaya tegas dan tepat pemerintah untuk memastikan Indonesia segera beranjak dari pandemi.

Johnny juga berharap masyarakat yang menjalakan ibadah puasa dan akan menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan tidak mudik akan membawa berkah bagi Indonesia dalam menyelesaikan pandemi Covid-19.

“Berkahnya dimana kita segenap sekalian bantu mendoakan agar berhasil menangani pandemi Covid-19,” tuturnya.