Kabupaten Bogor Timur disetujui DPRD dan Pemprov Jabar

Politik257 views

Inionline.id – DPRD Provinsi Jawa Barat menggelar rapat paripurna salah satunya untuk membahas persetujuan bersama calon daerah persiapan otonomi baru (CPDOB) Kabupaten Bogor Timur dan Kabupaten Indramayu Barat, Jumat (16/4/2021).

Komisi I DPRD jawa Barat sebelumnya telah melaksanakan Pembahasan dan pengkajian terhadap surat Gubernur Jawa Barat, dalam hal usulan CDPOB Kabupaten Bogor Timur dan Kabupaten Indramayu.

Pada hasil Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jawa Barat kali ini, pemekeran Kabupaten Bogor telah di setujui, dan daerah persiapan kabupaten di beri nama Kabupaten Bogor Timur, cakupan wilayah daerah persiapan kabupaten bogor timur terdiri dari 7 kecamatan, yaitu:

  • Kecamatan Gunung Putri
  • Kecamatan Kelapa Nunggal
  • Kecamatan Cileungsi
  • Kecamatan Sukamakmur
  • Kecamatan Jonggol
  • Kecamatan Cariu
  • Kecamatan Tanjungsari

Lokasi ibu kota persiapan berada di Kecamatan Jonggol, dan juga diberikan dukungan dana dari provinsi Jawa Barat dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah persiapan Kabupaten Bogor Timur untuk jangka waktu 3 tahun berturut-turut terhitung sejak di tetapkan sebagai daerah persiapan Kabupaten Bogor Timur.

Jumlah dan uraian dukungan dana disesuaikan kebutuhan dan di pertanggung jawabkan sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan.

CDPOB Kabupaten Bogor timur telah di tanda tangani oleh 4 pimpinan teramasuk Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat, di harapkan dengan adanya penandatangana persetujuan bersama ini akan di bawa ke pemerintah pusat dan di harapkan juga bisa menjadi daerah otonomi baru dan nantinya CDPOB akan di lakukan percobaan selama 3 tahun sebelum di sahkan menjadi daerah otonomi baru.