Urai Arus Balik Sistem Satu Arah Diterapkan dari Puncak Pass ke Bogor

Antar Daerah1057 views

Inionline.id – Kepolisian Resor Cianjur, Jawa Barat, memberlakukan rekayasa arus sistem satu arah atau one way dari Puncak Pass hingga pintu Tol Ciawi karena volume kendaraan terus meningkat pada Sabtu (13/4) petang.

Hal ini untuk mengurai kepadatan kendaraan pada arus balik Lebaran 2024 yang berbaur dengan wisatawan di jalur Puncak dengan tujuan kota asalnya, seperti Jabodetabek.

Kapolres Cianjur, AKBP Aszhari Kurniawan mengatakan kepadatan arus lalu lintas mengular dengan ekor antrean lebih dari 6 kilometer tepatnya di depan Istana Presiden Cipanas.

Sedangkan dari arah Bogor, petugas menutup jalur menuju Cianjur dan hanya kendaraan roda dua yang diizinkan melintas di pinggir atau bahu jalan, sampai antrean di wilayah hukum Cianjur benar-benar mencair terlebih setelah tempat wisata tutup.

“Sebelum tempat wisata tutup antrean kendaraan sudah mengular, sehingga upaya antisipasi kembali dilakukan dengan memberlakukan sistem satu arah menuju Bogor mulai dari kawasan Puncak Pass karena volume kendaraan akan terus meningkat,” katanya dikutip Antara.

Dia mengatakan volume kendaraan yang meningkat pada H+3 membuat arus kendaraan di sepanjang jalur utama Cianjur khususnya di kawasan Puncak hingga Cipanas sempat terjadi kemacetan hingga berjam-jam.

“Kami melakukan koordinasi dengan Polres Bogor yang berupaya mencairkan antrean di wilayah hukumnya ke arah Cianjur, sehingga sekitar pukul 15.45 WIB, Polres Bogor menuntaskan penguraian dari Bogor ke Cianjur,” katanya.

Pihaknya belum bisa memastikan sampai kapan sistem satu arah menuju Bogor, Jakarta dan seterusnya akan dilakukan. Sebab saat ini volume kendaraan yang melintas masih cukup tinggi. Pihaknya akan melihat situasi setelah jumlah kendaraan berkurang jalur dibuka normal.

“Situasional ketika kendaraan masih padat kemungkinan diperpanjang guna antisipasi macet total pada puncak arus balik yang diprediksi sudah terjadi sejak Sabtu pagi,” katanya.

Pihaknya mengimbau bagi pengendara khususnya pemilir yang hendak kembali ke kota asal masing-masing tetap waspada dan berhati-hati saat melintas di jalur utama Cianjur, tetap mematuhi aturan lalulintas dan mendengarkan anjuran petugas.