Mobile Legends Jadi Game Favorit Ramadhan 2024

Iptek1057 views

Inionline.id – Riset terbaru dari Telkomsel menunjukkan bermain gim Mobile Legends menjadi aktivitas favorit banyak orang selama Ramadhan 2024.

Hal tersebut diketahui lewat riset Ramadan Insight 2024 yang digelar Telkomsel Enterprise melalui tSurvey.id dan telco data Insight berjudul ‘Celebrate the Joy of Ramadan with Telkomsel’.

“Melalui hasil riset tersebut, Telkomsel menemukan valuable insights seperti pola perilaku konsumen yang semakin mengarah pada pemanfaatan layanan digital,” demikian keterangan Telkomsel dalam laman resminya, Rabu (3/4).

Berdasarkan hasil riset, Telkomsel mengungkap peningkatan trafik data selama bulan puasa di berbagai komunitas, termasuk komunitas gamers.

Hasil riset menunjukkan ada peningkatan trafik data sebesar 20 persen di komunitas gamers selama Ramadan tahun ini. Mereka biasanya menghabiskan waktu bermain gim saat ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Gim yang jadi favorit para gamers di antaranya Mobile Legends: Bang Bang, Free Fire, dan Roblox.

Sementara itu, para gamers yang biasa menghabiskan waktunya saat ngabuburit mayoritas pengguna Hp merek Oppo. Kemudian diikuti pengguna Samsung, Vivo, Xiaomi, dan Apple.

Riset juga memaparkan gamers tersebut terdiri dari 55 persen laki-laki dan 45 persen perempuan. Selain itu, sebanyak 18 persen gamers berdomisili di Jawa Barat.

Selain itu, segmen anak muda juga menunjukkan peningkatan trafik data sebesar 10 persen, dengan 78 juta generasi muda terlibat dalam berbagai aktivitas online selama bulan Ramadhan.

Hasil riset juga menunjukkan peningkatan trafik data sebesar 26 persen pada segmen belanja online dan e-commerce. Dari hasil riset, para pengguna berburu promo di berbagai platform selama bulan suci ini, dengan mayoritas aktivitas terjadi pada malam hari 33 persen, siang hari 21 persen, dan sebelum berbuka 23 persen.