Dua Hati Biru Tak Tayang Lebaran Sutradara Ungkap Alasannya

Inionline.id – Sutradara Dua Hati Biru Gina S. Noer mengungkap makna di balik judul film terbarunya, Dua Hati Biru. Ia mengungkapkan perjalanan kehidupan Bima dan Dara menjadi alasan penentuan judul dari sekuel Dua Garis Biru.

“Ketika selesai menulis skenario, Dua Hati Biru tuh langsung muncul di kepala karena kami melihat perjalanan dari Dara dan Bima,” ungkap Gina dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Kamis (4/4).

“Mereka menghadapi Dua Garis Biru dengan kehamilan, lalu mereka berakhir ketika Dara pergi, itu ada dua hati yang terluka, yang pedih, bittersweet rasanya,” imbuhnya.

Lika-liku kehidupan yang dialami Bima dan Dara sebagai pasangan suami istri dan orang tua muda itu diibaratkan sebagai dua hati biru yang tidak tahu akan dibawa ke mana.

Perjuangan keduanya kemudian diartikan Gina sebagai proses pencarian untuk menemukan warna-warna lain dalam hidup.

“Jadi mereka enggak menyerah dalam kesedihan, mereka enggak menyerah karena mereka pernah gagal, mereka enggak nyerah karena hidup mereka tuh beda sama yang lain,” jelas Gina.

“Tapi Dua Hati Biru ini melambangkan bahwa mereka tuh percaya ketika mereka selalu bersama, mereka memperjuangkan dua hati mereka, mereka akan menemukan Biru yang mungkin masih Biru tapi Biru yang lebih cerah.”

Hal-hal tersebut pula yang kemudian disebut Gina menjadi alasan menggeser jadwal tayang Dua Hati Biru beberapa hari setelah Lebaran 2024. Menurutnya, film itu diharapkan bisa jadi pengingat untuk memperjuangkan keluarga.

“Ibaratnya kalau lebaran, kita ingat kematian lewat horor horor (film), ingat hubungan ke Tuhan. Setelah 17 April, nonton Dua Hati Biru kita ingat untuk memperjuangkan hidup, memperjuangkan keluarga,” jelas Gina.

“Bahwa maaf itu tidak murah, maaf itu harus kita perjuangin,” tuturnya.

Dua Hati Biru kembali ditulis dan disutradarai Gina S. Noer. Ia juga bekerja sama dengan Dinna Jasanti yang ikut menjadi sutradara proyek tersebut.

Film tersebut melanjutkan cerita Dua Garis Biru yang menampilkan lika-liku hubungan Bima dan Dara. Akhir cerita film pertama itu menampilkan Dara yang memutuskan pergi ke Korea usai kelahiran Adam, anaknya dengan Bima.

Setelah pulang, ia harus berusaha menjalin kedekatan dengan buah hatinya, serta kembali memperjuangkan rumah tangganya dengan Bima. Mereka harus berhadapan dengan urusan keluarga, tuntutan orang tua, hingga membesarkan Adam secara mandiri.

Dua Hati Biru akan tayang 17 April di bioskop.