Kurangi Makanan Berserat untuk Menahan BAB saat Macet Mudik

Kesehatan857 views

Inionline.id – Pernahkah Anda membayangkan jika ‘kebelet’ buang air besar (BAB) saat terjebak macet dalam perjalanan mudik? Agar perjalanan mudikmu damai sentosa, simak cara menahan BAB saat mudik berikut ini.

Ingin buang air besar saat perjalanan mudik bisa jadi bencana. Apalagi jika Anda ingin buang air besar saat terjebak macet yang cukup panjang.

Rasa ingin buang air besar itu bukan hanya mengganggu, tapi juga bisa bikin tubuh panas dingin, mual hingga tidak enak badan.

Tapi, tak ada cara lain selain menahan keinginan buang air besar ketika Anda terjebak macet. Karena tidak mungkin Anda buang air besar di dalam mobil, selain sulit dilakukan buang air besar di dalam mobil juga rasanya menjijikan.

Makanya, cara satu-satunya yang bisa Anda lakukan ketika ingin buang air besar saat mudik dan terjebak macet adalah menahannya.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menahan keinginan buang air besar saat terjebak macet di tengah perjalanan mudik:

1. Berbaring

Anda memang dianjurkan duduk ketika di dalam mobil. Tapi tidak ada salahnya jika Anda mencoba berbaring ketika rasa ingin buang air besar mulai muncul.

Alasannya, saat Anda berbaring tekanan pada perut akan berkurang dan membuat keinginan buang air besar berkurang atau hilang.

2. Jangan makan makanan berserat

Saat Anda hendak bepergian, kurangi atau hindari sama sekali makanan berserat tinggi. Misalnya jus buah, atau buah pepaya.

Anda juga dianjurkan untuk menghindari minuman yang bisa memicu keinginan buang air besar seperti air kelapa hingga kopi.

3. Mengobrol

Mengalihkan perhatian dengan berbincang kepada teman di perjalanan bisa mengurangi keinginan buang air besar. Selain mengobrol Anda juga bisa mengalihkan pikiran ke hal lain, misal bermain handphone, membaca buku, atau mungkin mencoba tidur.

4. Kontrol otot anus

Keratkan otot anus untuk menghentikan pelepasan tinja saat Anda ingin buang air besar. Anda juga bisa meremas pantat agar keinginan buang air besar di tengah perjalanan mudik bisa makin ditahan.

5. Tetap tenang

Selain mengobrol, berbaring dan cara-cara yang telah disebutkan sebelumnya, cara paling manjur yang harus dilakukan adalah tenang. Anda harus tetap tenang dan tidak panik ketika keinginan buang air besar muncul.

Panik malah membuat Anda semakin ingin buang air besar. Jadi tetaplah tenang hingga mencapai rest area terdekat.