Tepat 20 Maret, Menko Hadi Sebut Hasil Pemilu 2024 Diumumkan

Berita557 views

Inionline.id – Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengatakan KPU akan mengumumkan hasil pemungutan suara Pemilu 2024 tepat waktu pada Rabu (20/3) besok.

“Kita doakan semua lancar. Tanggal 20 tepat waktu diumumkan hasil pemungutan suara pemilu 2024,” kata Hadi di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (19/3).

Hadi menyatakan KPU terus berupaya rekapitulasi suara selesai tepat waktu pada 20 Maret. Ia pun percaya KPU sudah memiliki upaya untuk menghadapi pelbagai kendala yang terjadi.
“KPU sudah punya cara,” ujarnya.

Hadi juga memastikan keamanan Indonesia relatif kondusif usai Pemilu 2024. Menurutnya, lumrah terjadi peningkatan eskalasi selama pesta demokrasi.

“Kalau enggak hangat bukan demokrasi, kalau enggak hangat itu pesta pernikahan, ini pesta demokrasi, biasa,” katanya.

Mantan panglima TNI itu menyebut sudah ada komunikasi antara pemerintah dan para elite politik yang berkontestasi di Pemilu 2024. Namun, ia tak membeberkan dengan pihak mana saja pemerintah sudah menjalin komunikasinya.

“Ya Pasti. Beliau-beliau sudah saling komunikasi. Insya Allah aman,” ujarnya.

KPU melakukan rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 pada 34 provinsi dan 128 PPLN. Masih ada empat provinsi lagi yang belum direkapitulasi.

Keempat provinsi itu yakni Jawa Barat, Papua, Papua Pegunungan dan Maluku. Rencananya, KPU akan melanjutkan rekapitulasi suara di empat provinsi itu pada Selasa (19/3) ini.