Di Tahun 2045 Pemerintah Targetkan APK Pendidikan Tinggi Capai 60%

Pendidikan757 views

Inionline.id – Pemerintah menargetkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi terus meningkat. Bahkan, di tahun 2045 ditargetkan APK pendidikan tinggi berada di angka 60 persen.

“Meningkatkan APK ini satu prioritas di mana 2045 harapan kita APK pendidikan tinggi mencapai 60 persen,” kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Warsito, dalam Forum Merdeka Barat 9, Senin, 18 Maret 2024.

Warsito menegaskan peningkatan APK pendidikan tinggi harus terus diupayakan. Setidaknya, terjadi peningkatan signifikan APK pendidikan tinggi di 2035.
“Kalau kita sekarang di 36 persen, jadi sehingga 2035 setidaknya kita perlu 50 persen,” tutur dia.

Pemerintah berencana membuat skema pembiayaan pinjaman untuk mahasiswa atau student loan untuk meningkatkan APK pendidikan tinggi. Hal itu sebagai salah satu skema pendanaan bagi mahasiswa untuk dapat mengakses pendidikan tinggi.

“Tentu ke depan, konsep yang akan kita sedang juga kami bahas adalah bagaimana pinjaman ini bersifat pinjaman lunak,” tutur Warsito.