Viral di Stasiun Manggarai Diduga Suporter Sepak Bola Ribut

Berita957 views

Inionline.id – Keributan diduga antara sesama suporter bola terjadi di area hall lantai 1 Stasiun Manggarai pada Rabu (1/5) kemarin sekitar pukul 19.50 WIB.

Peristiwa itu sempat terekam dalam sebuah rekaman video dan beredar di media sosial. Salah satunya diunggah akun Instagram @merekamjakarta.

“Keributan terjadi di area Stasiun Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan pada Rabu (1/5/2024) sore,” demikian keterangan dalam unggahan itu.

Saat dikonfirmasi, External Relations and Corporate Image Care KAI Commuter, Leza Arlan mengatakan peristiwa itu bermula saat commuter line No. 1059B relasi Bogor-Manggarai masuk di Stasiun Manggarai dan menurunkan penumpang.

“Terdapat rombongan pengguna (indikasi suporter bola), pada saat berada di area hall lantai 1 tiba-tiba rombongan tersebut berhamburan mengejar pengguna lain yang terindikasi sebagai suporter sepakbola klub lainnya,” kata Leza dalam keterangannya, Kamis (2/4).

“Tanpa diketahui permasalahannya sehingga pengguna yang di kejar berlari dan berpencar menuju ke area gate timur, gate barat dan peron,” imbuhnya.

Disampaikan Leza, petugas keamanan yang terdiri dari PKD dan BKO Marinir kemudian berusaha menahan dan mengamankan rombongan tersebut.

Petugas keamanan, lanjut Leza, juga mengarahkan rombongan lainnya untuk langsung menuju ke peron 3-4 untuk naik commuter line No. 5142A (Kampungbandan – Cikarang).

“Sedangkan pengguna lain yang dikejar oleh rombongan keluar melalui pintu gate timur dan gate barat,” ucap Leza.

Leza menyebut setelah situasi kondusif petugas keamanan lantas melakukan penyisiran di semua area Stasiun untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna di stasiun. Selain itu juga petugas melakukan koordinasi ke Stasiun Cikarang sebagai tujuan pengguna.

“Di Stasiun Cikarang kembali sempat terjadi keributan namun dengan sigap petugas dapat menanggulanginya dan beberapa dari pengguna yang melakukan keonaran diserahkan ke Kepolisian Cikarang Utara,” tutur Leza.

Lebih lanjut, Leza menyatakan pihaknya akan bertindak tegas kepada seluruh pengguna yang mengganggu keamanan dan kenyamanan baik di Commuter Line ataupun di stasiun. Bahkan, kata dia, pihaknya tak segan-segan akan melaporkan ke pihak yang berwajib.