Soal Kisruh Aa Gym Vs Minimarket di Daarut Tauhid, Kemendag Buka Suara

Berita1557 views

Inionline.id – Kementerian Perdagangan (Kemendag) buka suara soal kisruh Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid (DT) Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym dan minimarket Circle K.
Aa Gym mengeluh keberadaan ritel modern itu yang terletak berdampingan dengan Masjid DT.

Menurutnya, Circle K tersebut sering disalahgunakan untuk tempat tongkrongan sejumlah remaja hingga larut malam. Tak hanya itu, operasi minimarket itu juga ia nilai tak menghargai lingkungan pesantren.

Menanggapi hal itu, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim mengatakan izin penempatan ritel modern berada di bawah kekuasaan pemerintah daerah (pemda).

Ia mengatakan pemda memiliki wewenang dalam menempatkan lokasi dan memberi izin ritel modern. Hal ini sejalan dengan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) daerah.

“Karena daerah seharusnya membuat rencana detil tata ruang, pemanfaatan. Di mana ada lokasi pasar tradisional, di mana pasar modern,” kata Isy di Kempinski Ballroom, Jakarta Pusat, Senin (4/3).

Ia pun menekankan bahwa jika ritel melanggar lokasi yang ditentukan, seharusnya pemda bisa memberikan teguran.

“Kalau tidak sesuai dengan RDTR pemda juga boleh nyemprit ‘ini tidak boleh’,” kata dia.

Aa Gym sebelumnya merasa ironis melihat muda-mudi nongkrong hingga larut di wilayah pesantren. Dalam video keluhan di IG, ia terlihat mengingatkan mereka yang sedang nongkrong hingga larut malam dan meminta mereka menghargai lingkungan dan kehidupan di sekitarnya.

Ia pun mempertanyakan keberadaan dan operasional minimarket tersebut dan meminta ada jalan terbaik dari pihak terkait.

Tak lama setelah itu, minimarket tersebut pun disegel oleh Satpol PP Kota Bandung. Sebab ternyata, minimarket itu tidak memiliki izin.

Aa Gym kemudian mengunggah video lain untuk menyampaikan responsnya usai penyegelan minimarket tersebut.

“Kepada semua pemirsa di media sosial, khususnya Instagram, 1,6 juta yang viral dengan tayangan semalam, berikut ini ucapan terima kasih sesudah semalam ada tayangan viral tentang kegiatan tadi malam di toko sebelah masjid ini yang sangat membuat kami sedih dan prihatin,” ujar dia dalam unggahan tersebut, Sabtu (2/3).