Peresmian Rumah BUMN Pekanbaru: Langkah Pasti Erick Thohir Berdayakan UMKM Lokal

Berita757 views

Pekanbaru, Inionline.id – Menteri BUMN, Erick Thohir secara konsisten mengambil langkah untuk memberdayakan UMKM lokal agar terus bertumbuh dan naik kelas. Hal tersebut salah satunya diwujudkan dengan peresmian Rumah BUMN (RB) Pekanbaru.

Peresmian Rumah BUMN Pekanbaru ini merupakan upaya relokasi agar UMKM dapat terfasilitasi lebih baik, dari sebelumnya menyewa ruko, menjadi pemanfaatan aset BUMN yang mengelola Rumah BUMN Pekanbaru, yaitu PT Pertamina (Persero). Untuk Pertamina sendiri, Rumah BUMN Pekanbaru ini merupakan 1 dari 30 Rumah BUMN yang dibina.

Rumah BUMN Pekanbaru menaungi 3.200 UMKM lokal Pekanbaru dan telah secara rutin melakukan pelatihan sebanyak 120 kali untuk memfasilitasi UMKM naik kelas sejalan dengan visi Menteri BUMN Erick Thohir.

Pada kesempatan kali ini, Kementerian BUMN yang diwakilkan oleh BUMN Pertamina melalui VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman mengatakan bahwa, “Kementerian BUMN, juga dengan BUMN-BUMN khususnya Pertamina dalam hal ini, berkomitmen untuk membantu pergerakan perekonomian nasional dan melakukan pembinaan UKMM sebagai sebuah tujuan. Salah satunya adalah dengan membangun dan mengelola Rumah BUMN”.

Agenda peresmian Rumah BUMN Pekanbaru ini juga dibarengi dengan Launching Cofee Shop Kabar Baik, sebagai pemberdayaan tenaga lokal daerah. Turut hadir pula dalam agenda ini Corporate Secretary Pertamina Hulu Rokan, Rudi Ariffianto, Direktur Eksekutif TJSL BUMN, I Gede Arimbawa Yasa, Deputi Direktur bid KSI, Hendra Novriansah, Kakanwil BPJS TK Sumbarriau Kepri, Eko Yuyulianda, RCEO BRI, Kicky Davetra, GM Telkom, Shane Sihombing, perwakilan Dinas UMKM & Koperasi, Kadin Kota Pekanbaru, serta CEO/CFO Muda Rumah BUMN Se-Indonesia.

Sejauh ini Rumah BUMN Pekanbaru telah menghasilkan banyak inovasi untuk mendukung perkembangan kualitas UMKM, diantaranya RB Energy yaitu pemanfaatan minyak jelantah diolah ke biofuel serta pemanfaatan PLTS atap sebagai kemandirian energi RB. Kemudian ada RB Ambassador yang merupakan pendampingan 1on1 ke UMKM untuk peningkatan pemahamahan tentang UMKM Go Digital dengan melibatkan mahasiswa Universitas Riau, sehingga pemberdayaan yang terjadi dengan adanya Rumah BUMN Pekanbaru ini terjadi di segala sisi.