Prediksi Polri Pemudik Lebaran 2024 Naik 6 Persen, 136 Juta Mudik

Berita1557 views

Inionline.id – Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) Polri memprediksi bakal ada lonjakan jumlah masyarakat yang melaksanakan mudik Lebaran 2024 atau pada Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menuturkan apabila dibandingkan dengan periode sebelumnya, kenaikan jumlah pemudik dari wilayah Jabotabek diperkirakan bakal mencapai 5 sampai 6 persen.

“Kalau tahun lalu ada 123 juta lebih masyarakat Indonesia yang melakukan mudik dan berwisata selama Libur Idul Fitri, ditambah 5 sampai 6 persen itu ada di angka 136 juta masyarakat,” ujarnya dalam Rakor Lintas Sektoral di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (5/3).

Berdasarkan prediksi tersebut, Aan lantas memerintahkan seluruh jajarannya untuk dapat mengantisipasi terjadinya kemacetan parah selama periode arus mudik Lebaran 2024.

Ia meminta agar seluruh pihak dapat mematangkan skema-skema rekayasa lalu lintas khususnya di ruas Tol Trans Jawa. Di sisi lain, Aan juga mengingatkan agar jalur arteri dapat dipersiapkan untuk menampung kelebihan kendaraan dari ruas tol yang berpotensi terjadi.

“Menambah kapasitas jalan dengan melakukan contraflow dihitung mulai 1 lajur dua lajur sampai tiga lajur maksimal sampai penambahan kapasitas jalan dengan melaksanakan one way,” jelasnya.

Terakhir, Aan berharap arus mudik Lebaran 2024 dapat berjalan secara lancar dan aman seperti tahun-tahun sebelumnya. Oleh sebab itu, ia memerintahkan seluruh jajaran untuk turun langsung ke lapangan mempersiapkan pengamanan Mudik Lebaran 2024.

“Lakukan beberapa persiapan, kita melakukan survei kesiapan jalur survei kesiapan operasional, kesiapan personel dan seluruh sarana prasarana,” katanya.