Berikut ini 5 Cara Menaikkan Trombosit dengan Cepat dan Alami untuk Pasien Pasien DBD

Kesehatan957 views

Inionline.id – Kondisi kadar trombosit yang rendah pada pasien demam berdarah dengue (DBD) perlu segera diatasi agar tidak berbahaya. Berikut sejumlah cara menaikkan trombosit dengan cepat dan alami.

Saat ini kasus DBD di sejumlah wilayah di Indonesia sedang mengalami peningkatan. Salah satu tanda klinis dari pasien yang menderita DBD adalah trombositopenia.

Trombositopenia adalah kondisi ketika jumlah keping darah (trombosit) berada di bawah batas normal. Kondisi ini dapat menimbulkan sejumlah gejala yang berhubungan dengan gangguan proses pembekuan darah di dalam tubuh.

Normalnya, jumlah trombosit dalam tubuh manusia berkisar antara 150.000-400.000 per mikroliter. Virus DBD bisa menurunkan jumlah trombosit hingga dibawah 150.000 per mikroliter.

Kurangnya jumlah trombosit dapat membuat darah susah membeku, sehingga orang tersebut bisa kehilangan lebih banyak darah.

Karena itu, selain segera mendapatkan penanganan medis yang tepat, penting untuk mengetahui cara menaikkan trombosit dengan cepat dan alami bagi pasien DBD.

Cara menaikkan trombosit
Melansir berbagai sumber, berikut ini sejumlah cara menaikkan trombosit dengan cepat dan alami.

1. Istirahat yang cukup

Menerapkan pola hidup sehat secara rutin, seperti olahraga, menjaga pol makan dengan gizi seimbang, serta istirahat yang cukup bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menaikkan trombosit.

Hindari konsumsi alkohol secara berlebihan untuk mencegah kondisi trombositopenia.

2. Konsumsi makanan yang mengandung zat besi

Penelitian pada 2012 dalam jurnal Pediatric Hematology and Oncology mengungkapkan, konsumsi makanan yang mengandung zat besi bisa menaikkan trombosit pada pasien anemia defisiensi zat besi.

Makanan yang tinggi akan zat besi, antara lain daging sapi, bayam, dan hati ayam.

3. Konsumsi makanan kaya vitamin B12

Cara menaikkan trombosit dengan cepat dan alami selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin B12.

Vitamin B12 membantu menjaga sel darah tetap sehat dan sebagai cara menaikkan trombosit rendah yang tepat. Penelitian dalam Journal of Family Medicine pada 2015 menemukan kekurangan vitamin B-12 dapat menyebabkan jumlah trombosit yang rendah.

Makanan yang kaya vitamin B12 antara lain hati sapi, remis, dan telur.

4. Konsumsi vitamin C

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C bisa menjadi cara menaikkan trombosit dengan cepat dan alami. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan kaya vitamin C seperti kiwi.

Kiwi kaya akan vitamin C dan merupakan tambahan yang bagus untuk diet rendah trombosit. Vitamin C mendukung fungsi normal trombosit, seperti berkumpul (agregasi) dan menempel (adhesi).

Makanan tambahan yang tinggi vitamin C antara lain cabai merah, brokoli, stroberi, kubis Brussel, dan buah jeruk, seperti jeruk dan grapefruit.

5. Konsumsi kacang-kacangan

Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan folat seperti kacang-kacangan, kacang polong hitam, dan kacang merah juga bisa membantu menaikkan trombosit dengan cepat dan alami untuk pasien DBD.

Mengutip Mayo Clinic, folat merupakan vitamin B9 yang penting dalam pembentukan sel darah merah, pertumbuhan, dan fungsi sel yang sehat.

Demikian cara menaikkan trombosit dengan cepat dan alami untuk pasien DBD. Selain melakukan cara-cara di atas, pasien DBD juga memerlukan penanganan medis yang tepat, obat-obatan, dan suplemen untuk mempercepat penyembuhan.