Penyebab Suhu Kota Medan Tembus 36 Derajat Celsius

Iptek657 views

Inionline.id – Cuaca panas menyengat Kota Medan, Sumatera Utara, dalam beberapa hari terakhir. Apa sebabnya?

Berdasarkan data pengamatan temperatur pada 12 Maret 2024 di beberapa Stasiun BMKG di Sumatera Utara tercatat suhu udara maksimum mencapai 36.2 derajat Celsius.

Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I – Medan, Hendro Nugroho mengatakan berdasarkan analisa pola angin pada 12 Maret 2024 pukul 07.00 WIB dan 19.00 WIB menunjukkan angin baratan yang cukup kuat dan bersifat divergen (menyebar) di wilayah Sumatera Utara sehingga menyebabkan sulitnya pertumbuhan awan di wilayah tersebut.

“Pantauan citra radar pada tanggal 12 Maret 2024 menunjukkan tidak ada pertumbuhan awan dari pagi hingga malam hari,” kata Hendro dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/3).

Lihat Juga :
Daftar Daerah Potensi Cuaca Ekstrem Seminggu ke Depan, Waspada Banjir
ADVERTISEMENT

Sedangkan untuk kondisi suhu permukaan laut di wilayah pantai barat Sumatera dan Selat Malaka relatif cukup hangat berkisar antara 30 sampai dengan 32°C.

Berdasarkan pantauan udara atas pada 13 Maret 2024, angin di lapisan925 – 200mb cukup kencang 139 knot dan kelembapan udara cukup kering 174 % RH, sehingga pertumbuhan awan cukup sulit terbentuk di Kota Medan.

“Dalam beberapa hari ke depan diperkirakan pola cuaca hampir sama dengan hari ini,” jelasnya.

Mengingat cuaca yang masih cukup panas, masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap hal-hal yang dapat memicu kebakaran, mengurangi kegiatan di luar rumah, memperbanyak konsumsi air putih dan buah.

“Mengingat cuaca bersifat dinamis, masih berpotensi terjadinya gangguan gangguan cuaca di wilayah barat Sumatera yang dapat menyebabkan kondisi cuaca kembali cukup labil yang dapat berubah sewaktu-waktu,” urainya.