Jelang Sidang Sengketa Pilpres, KPU, Bawaslu dan Tim Prabowo Tiba di MK

Politik657 views

Inionline.id – Tim dari KPU, Bawaslu serta Prabowo-Gibran tiba di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menjalani sidang lanjutan sengketa Pilpres 2024 pada hari ini, Kamis (28/3).

Berdasarkan pantauan, kuasa hukum pihak terkait atau kubu Prabowo-Gibran yang telah datang yakni Otto Hasibuan dan beberapa orang lainnya. Mereka tiba sekitar pukul 12.00 WIB.

Otto belum bisa memastikan Gibran Rakabuming Raka akan datang langsung atau tidak dalam sidang kali ini. Begitu pun dengan Prabowo Subianto.

“Sebenarnya ada rencana, tapi sampai detik ini belum ada kepastian,” kata Otto.

Sementara itu, pihak dari Bawaslu yang sudah datang yaitu Rahmat Bagja, Puadi dan Lolly Suhenty. Mereka tiba sekitar pukul 12.18 WIB.

Pihak dari termohon atau Komisi Pemilihan Pemilihan Umum (KPU) yang hadir dalam sidang hari ini adalah Hasyim Asy’ari dan Mochammad Afifuddin. Mereka tiba pukul 12.30 WIB.

Agenda sidang hari ini adalah tanggapan dari KPU, Bawaslu dan Prabowo-Gibran atas gugatan sengketa Pilpres 2024 yang dilayangkan AMIN dan Ganjar-Mahfud.

Pokok-pokok gugatan sudah mereka sampaikan dalam sidang perdana yang digelar di MK pada Rabu kemarin (28/3).

Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud menggugat hasil Pilpres 2024 ke Mk lantaran tidak terima dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang hasil penghitungan suara yang dimenangkan Prabowo-Gibran.

Dalam keputusan KPU, Prabowo-Gibran menang dengan perolehan 96.214.691 suara atau 58,6 persen suara sah nasional. Sementara itu, Anies-Muhaimin meraih 40.971.906 suara atau 24,9 persen suara sah nasional. Lalu Ganjar-Mahfud mendapatkan 27.040.878 suara atau 16,5 persen suara sah nasional.

Permohonan kedua kubu ini terdapat kesamaan yaitu menginginkan Gibran Rakabuming Raka didiskualifikasi dalam Pilpres 2024. Mereka sama-sama ingin pemungutan suara diulang.

Hasil penghitungan suara itu lalu disahkan dalam Keputusan KPU No. 360 tahun 2024.